Longsor Ganggu Jalur Lintas Selatan Lumajang-Malang

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 13:47 WIB
Longsor terjadi di jalur lintas selatan Lumajang-Malang KM 58. Tepatnya di desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.
Longsor di jalur lintas selatan Lumajang-Malang/Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom
Lumajang - Longsor terjadi di jalur lintas selatan Lumajang-Malang KM 58. Tepatnya di desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Material longsor berupa batu dan tanah, hingga menutup bahu jalan. Longsor terjadi sekitar pukul 05.30 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sebab, arus lalu lintas sedang sepi.

Awalnya, kawasan perbukitan tersebut diguyur hujan deras selama semalam. Akibatnya, tebing setinggi 20 meter di jalur perbukitan tersebut longsor.

Jalan penghubung Lumajang-Malang ini terganggu. Arus lalu lintas sempat diberlakukan sistem buka tutup.

"Kejadian tanah longsor di KM 58 di jalur lintas selatan Lumajang-Malang terjadi setelah hujan deras. Akibatnya tebing setinggi 20 meter longsor," ujar Petugas BPBD Kabupaten Lumajang Dwi Cahyono kepada detikcom, Jumat (29/10/2021).

Petugas BPBD Lumajang dibantu sejumlah pekerja jalan dan warga, berusaha membersihkan material longsor yang sempat menutup jalan. Pembersihan material longsor juga akan dilakukan menggunakan alat berat.

BPBD Lumajang mengimbau pengendara untuk tetap mewaspadai potensi longsor dan pohon tumbang, saat melintas di jalur lintas selatan Lumajang-Malang. Terlebih saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi serta angin kencang.

"Para pengendara jalan yang melintas tetap waspada dan hati-hati, saat terjadi hujan maupun angin kencang. Karena jalur ini rawan terjadi tanah longsor dan pohon tumbang," pungkas Cahyono. (sun/bdh)