Belasan Siswa PTM SD-SMP Surabaya Positif COVID-19 Sempat Diisolasi di Asrama haji

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 17:02 WIB
Asrama haji sukolilo surabaya
Asrama Haji Sukolilo (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Sebanyak 11 siswa pembelajaran tatap muka (PTM) SD dan SMP di Kota Surabaya positif COVID-19. Rupanya, 5 siswa sempat menjalani isolasi di Asrama Haji Sukolilo bersama orang tuanya.

Mereka yang menjalani isolasi adalah siswa SMP dan ditemani 10 orang tuanya.

"Waktu itu sekitar 5 siswa (Diisolasi) dan 10 orang tua," kata Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Sugianto saat dihubungi detikcom, Senin (15/11/2021).

Padahal, ungkap Sugianto, 5 hari lalu tren pasien yang diisolasi turun. Bahkan pernah zero COVID-19.

"Kami senang, gembira. Karena ada PTM, ada pengaruh, ada efek, ada beberapa siswa yang positif harus isolasi di Hotel Asrama Haji ditemani ibunya, orang tuanya," kata Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Sugianto saat dihubungi detikcom, Senin (15/11/2021).

Namun, Sugianto mengatakan siswa PTM yang isolasi hanyalah siswa yang ditemani orang tua. Dia menyebut tidak ada guru yang diisolasi di Asrama Haji.

"(Siswa) SMP saja 2 minggu lalu yang isolasi. Ndak ada guru, hanya siswa dan ditemani orang tuanya," ujarnya.

Sugianto menjelaskan, 5 siswa dan 10 wali murid yang isolasi di Asrama Haji itu datang 2 pekan lalu. Setelah beberapa hari kemudian saat dilakukan swab PCR, hasilnya negatif dan bisa pulang.

Sugianto mengakui sejak ada pelonggaran mal, bioskop, tempat makan, kebun binatang, dan lain-lain ada dampak, namun jumlah pasien tidak banyak.

"Sudah lama, 2 minggu-an. Pulangnya setelah beberapa hari ke depan, paling lama 4 hari ke depan, karena tidak ada gejala, kondisinya sehat. Hanya setelah swab di sekolah masing-masing, ternyata ada beberapa sekolah yang masih terpapar dan diisolasi di Asrama Haji didampingi orang tua masing-masing," jelasnya.

Simak juga 'Buntut Klaster Covid-19, PTM di Sedayu Disetop':

[Gambas:Video 20detik]