Ada 8 Titik Bencana Banjir dan Longsor Akibat Hujan Lebat di Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 15:02 WIB
Petugas mengevakuasi warga menggunakan perahu
Petugas mengevakuasi warga menggunakan perahu (Foto: Yakub Mulyono)
Jember -

Hujan deras yang terus mengguyur Jember membuat titik lokasi banjir terus meluas. Bukan itu saja, ada beberapa lokasi yang mengalami tanah longsor.

Data yang diperoleh dari BPBD Jember. Ada 8 titik bencana banjir dan longsor. Untuk banjir, ketinggian air berkisar 50 cm hibgga 60 cm.

Lokasi pertama yang terdampak banjir adalah Desa Manggisan Kecamatan Tanggul, terutama RA - SMP 1 Islam Manggisan terendam air dengan ketinggian ± 40 cm.

Lokasi kedua tanah longsor menerjang Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul. Tidak ada kerusakan di lokasi ini.

Selanjutnya adalah Dusun Gondang RW 13 Desa Darungan Kecamatan Tanggul yang terendam banjir. Ada sekitar 75 rumah terendam air. Akan tetapi hanya 5 menit air surut. Sementara sekitar 75 KK terdampak.

Lokasi keempat adalah tanah longsor yang terjadi di Dusun Krajan I Desa Patemon kecamatan Tanggul. Satu rumah mengalami rusak milik Siti Amna (46). Untuk sementara korban mengungsi di rumah saudaranya. Beruntung tidak ada korban jiwa di kejadian ini.

Sementara itu, tanah longsor juga menutupi akses jalan tujuan wisata Gunung Gambir Sumberbaru. Akses jalan tertutupi material tanah. Namun tidak ada korban jiwa.