Tambah Dua, Total 5 Tanggul di Lamongan Jebol Diterjang Banjir

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 06 Nov 2021 17:46 WIB
tanggul jebol di lamongan
Tanggul jebol di Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan - Tanggul sungai di Lamongan yang jebol akibat tingginya debit air bertambah. Data BPBD Lamongan, hingga saat ini ada 5 titik tanggul sungai yang jebol.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPPB Lamongan Muhammad Muslimin mengungkapkan, dari data yang ada di BPBD Lamongan jumlah tanggul yang jebol memang bertambah. Jika sebelumnya hanya 3 titik tanggul, saat ini tercatat ada 5 tanggul yang jebol.

"Jumlah titik tanggul yang jebol sekarang ada 5 titik," kata Muslimin ketika dikonfirmasi wartawan, Sabtu (6/11/2021).

Muslimin menjabarkan, 2 titik tanggul yang jebol adalah tanggul yang berada di Kali Plalangan, yaitu di titik tanggul yang ada di Desa Pomahanjanggan dan Desa Tambakploso yang keduanya berada di wilayah kecamatan Turi.

"Di Pomahanjanggan ini adalah tanggul lama yang dulu pernah jebol," ujarnya.

Menurut Muslimin, perbaikan tanggul yang jebol ini terus dilakukan. Titik tanggul di Desa Pomahanjannggan, di Desa Bambang dan di Desa Balun juga sudah dalam perbaikan. Saat ini, jelas Muslimin, alat berat berupa backhoe didatangkan untuk mempercepat proses perbaikan tanggul yang jebol.

"Tanggul-tanggul ini jebol akibat terjadi luapan air di Kali Plalangan karena air kiriman dari wilayah selatan," ungkap Muslimin.

Sehari sebelumnya, pada Jumat (6/11/2021) Bupati Lamongan telah memerintahkan agar segera dilakukan tanggap darurat terhadap penanggulangan banjir ini. OPD terkait, tandas bupati yang akrab disapa Pak Yes ini, untuk melakukan langkah cepat tanggap darurat.

"Saya memerintahkan kepada OPD terkait, khususnya BPBD dan Dinas PU SDA agar segera melakukan langkah cepat tanggap darurat," kata Pak Yes usai melihat kondisi terkini Kali Plalangan di wilayah Kecamatan Turi usai meluap akibat hujan, Jumat (5/11/2021.

Diberitakan sebelumnya, Tiga titik tanggul jebol di 3 tempat yang berbeda. Ketiga tanggul yang jebol itu diantaranya adalah tanggul Kali Mengkuli yang ada di Dusun Gedangan, Desa Dorogede, Kecamatan Sukodadi, tanggul Kali Plalangan yang ada di Desa Balun, Kecamatan Turi dan tanggul Kali Lamong yang ada di Kecamatan Ngimbang. (iwd/iwd)