Bunga Bangkai Muncul dalam Perumahan di Sidoarjo

Suparno - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 15:49 WIB
Bunga bangkai mekar di pekarangan rumah warga, Perum Citra Surya Mas, Desa Jumputrejo, Sukodono. Meski baunya tak sedap, banyak warga datang untuk melihatnya.
Bunga bangkai mekar di Sidoarjo/Foto: Suparno
Sidoarjo - Bunga bangkai mekar di Perumahan Citra Surya Mas, Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono. Meski baunya tak sedap, banyak warga datang untuk melihatnya.

"Kemunculan tanaman ini sontak mengejutkan warga sekitar perumahan. Tak heran jika warga berbondong-bondong mendatangi lokasi ditemukannya bunga bangkai, untuk melihat secara langsung," kata Sukoco (63), tokoh masyarakat setempat, Selasa (9/11/2021).

Bunga bangkai mekar di pekarangan rumah warga, Perum Citra Surya Mas, Desa Jumputrejo, Sukodono. Meski baunya tak sedap, banyak warga datang untuk melihatnya.Warga di lokasi munculnya bunga bangkai/ Foto: Suparno

Bunga tersebut memiliki diameter sekitar 40 sentimeter. Tingginya juga mencapai 40 sentimeter. Pada sore dan malam hari, bunga bangkai itu mengeluarkan bau tak sedap.

"Warga tak menyangka jika bunga langka itu muncul di area pekarangan perumahan. Karena pekarangan itu dulunya dipenuhi dengan tumpukan sampah," tambah Sukoco.

Agar bunga bangkai itu tidak dirusak tangan jahil, warga memasang garis pembatas. Sehingga lebih banyak warga yang bisa melihat bunga bangkai tersebut.

"Munculnya bunga itu tidak setiap tahun, dua tahun sekali muncul. Warga sekitar tidak ada yang mendapatkan firasat apa-apa. Awalnya mencium bau bangkai, setelah dicari ternyata bau bunga tersebut," terang Sukoco.

"Bunga langka ini sayang tidak bisa bertahan lama, saat ini agak layu, tapi di sampingnya ada dua tunas yang sudah muncul," pungkas Sukoco. (sun/bdh)