Bunga Bangkai di Lamongan Jenis Suweg, Bukan Rafflesia Arnoldii

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 11:05 WIB
BKSDA Jatim memastikan bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan warga Lamongan adalah jenis bunga suweg. Atau Amorphophallus paeoniifolius.
Bunga bangkai mekar di pekarangan rumah warga Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan -

BKSDA Jatim memastikan bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan warga Lamongan adalah jenis bunga suweg. Atau Amorphophallus paeoniifolius.

Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) Gresik X, BKSDA Jatim Agus Ariyanto mengatakan, setelah datang dan melihat langsung di pekarangan rumah Kholis, Dusun Krajan 1, Desa Sukobendu, Kecamatan Mantup, akhirnya diambil kesimpulan bahwa bunga yang tumbuh adalah bunga Suweg.

"Setelah kami periksa dan kami teliti ternyata bisa dipastikan bunga ini adalah bunga suweg, dan bukan bunga Rafflesia Arnoldii," kata Agus kepada wartawan usai melihat langsung penampakan bunga suweg, Senin (11/10/2021).

BKSDA Jatim memastikan bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan warga Lamongan adalah jenis bunga suweg. Atau Amorphophallus paeoniifolius.Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) Gresik X, BKSDA Jatim Agus Ariyanto/ Foto: Eko Sudjarwo/detikcom

Menurut Agus, bunga suweg banyak tumbuh di mana pun asal tanahnya cocok dan kondisinya lembab. Bunga suweg biasa tumbuh di awal-awal musim hujan seperti saat ini, dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

"Bunga suweg ini punya batang, punya daun dan tidak berbahaya. Suweg ini sama halnya dengan tanaman umbi-umbian lainnya," ujarnya.

Agus menjelaskan, ada bunga bangkai yang termasuk dalam kategori dilindungi yaitu bunga bangkai raksasa, yang bisa memiliki tinggi hingga 5 meter. Untuk yang tumbuh di Lamongan, Agus menyebut bunga suweg, jenis bunga bangkai kerdil karena hanya berukuran sekitar 15 cm.