Hujan Lebat di Lamongan, Sejumlah Dusun Banjir Akibat Luapan Sungai

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 22:11 WIB
banjir di lamongan
Banjir di Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan - Hujan deras selama beberapa jam di Lamongan mengakibatkan sejumlah dusun mengalami banjir. Banjir terjadi akibat sungai yang tak mampu menampung debit air.

Salah satu dusun di Lamongan yang dilanda banjir adalah Dusun Bujel, Desa Sendangrejo, Ngimbang. Banjir yang terjadi di dusun ini berlangsung selama beberapa jam dan air saat ini sudah surut.

"Banjir di Dusun Bujel berlangsung sekitar 1 jam, sekarang sudah surut," kata Camat Ngimbang Bakti Aprianto saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (4/11/2021).

Tidak ada korban jiwa dalam banjir di Dusun Bujel ini. Hanya saja, bagian belakang sebuah warung yang kebetulan bangunannya berada di dekat sungai rusak terkena arus air. Bakti menyebut, banjir terjadi karena tingginya curah hujan yang terjadi selama beberapa jam.

"Korban jiwa ndak ada, material warung yang belakangnya kena arus tapi nggak hanyut (karena) kebetulan bangunannya di bantaran sungai," ujar Bakti.

Banjir yang berlangsung selama sekitar jam itu juga sempat merendam sejumlah jalan desa dan sejumlah fasilitas umum desa setempat sehingga menganggu aktivitas warga. Saat ini, menurut Bakti, warga tinggal bersih-bersih rumah sisa banjir.

"Kondisi sekarang sudah normal dan sudah surut," terang Bakti.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kades Sendangrejo Waji. Menurut Waji, banjir diakibatkan oleh derasnya hujan. Waji juga menyebut tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. "Banjir arus deras karena hujan lebat dan sudah surut banyak dan tidak ada korban jiwa," jelasnya.

Informasi yang dihimpun, selain dusun Bujel, Desa Sendangrejo di Kecamatan Ngimbang, banjir juga melanda Dusun Tlapak, Desa Kalitengah di Kecamatan Sugio dan sejumlah dusun di Desa Wonorejo, Kecamatan Sambeng. Banjir di dusun-dusun ini juga sudah mulai surut. (iwd/iwd)