Korban Perahu Tambang Belum Ditemukan, Warga Ritual Sebar Kembang 7 Rupa

Ainur Rofiq - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 19:51 WIB
pencarian korban perahu tambang tenggelam dihentikan
Situasi sore di lokasi kejadian perahu tambang tenggelam (Foto: Ainur Rofiq/detikcom)
Bojonegoro -

Warga Desa Semambung, Kanor, Bojonegoro, menggelar sejumlah ritual pascakejadian perahu tambang tenggelam di Bengawan Solo. Ritual ini dilakukan dengan harapan 7 korban penumpang perahu segera ditemukan.

Ritual ini mulai menaburkan bunga 7 rupa hingga melarung nasi putih dan garam. Ritual ini kerap dilakukan warga jika ada peristiwa masyarakat yang tenggelam di Bengawan Solo.

Diketahui, ada 18 identitas yang tercatat sebagai penumpang hingga operator perahu. Sebanyak 11 penumpang telah ditemukan dan sisanya 7 orang masih dalam proses pencarian.

Ritual tersebut dilakukan warga dan petinggi desa. Tujuannya agar ombak Sungai Bengawan Solo lebih bersahabat. Sehingga memudahkan proses pencarian penumpang yang tenggelam.

"Sampun, ritualnya suruh buang katanya suruh buang (bunga) di sungai sudah. Itu yang kembang 7 rupa sudah. Ada lagi yang nasi putih sama garam juga sudah biar ombaknya yang belum-belum ndak begitu ini (kencang)," kata seorang warga, Suryadi kepada detikcom di lokasi, Rabu (3/11/2021).

Simak video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo':

[Gambas:Video 20detik]