Hobi Pria di Lumajang Membuat Bonsai Mendatangkan Cuan

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Minggu, 31 Okt 2021 12:25 WIB
Pria di Lumajang ini begitu hobi membuat bonsai. Kini, hobinya itu mendatangkan cuan.
Bonsai di Lumajang/Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom
Lumajang - Pria di Lumajang ini begitu hobi membuat bonsai. Kini, hobinya itu mendatangkan cuan.

Pria tersebut yakni Rudi Hartoyo (43), warga Desa Sentul, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang. Ia membuat bonsai dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya. Puluhan bonsai berbagai jenis tampak menghiasi rumahnya.

Rudi terus mengembangkan budidaya bonsai tersebut. Ada jenis beringin, serut, cemara, kimeng, boksus, iprik dan sianci.

"Ide awalnya suka bonsai kemudian saya mulai membudidayakannya. Saat ini sudah ada puluhan bonsai berbagai jenis tanaman," ujar Rudi kepada detikcom, Minggu (31/10/2021).

Pria di Lumajang ini begitu hobi membuat bonsai. Kini, hobinya itu mendatangkan cuan.Pria di Lumajang membuat bonsai/ Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom

Tidak hanya jadi penghias halaman, kini bonsai tersebut juga telah menjadi bisnis. Dalam satu bulan, ia bisa mendapatkan keuntungan jutaan Rupiah.

Bonsai milik Rudi dijual mulai harga Rp 100 ribu hingga Rp 7 juta. Tergantung jenis tanaman, ukuran dan kerumitan dalam proses pembentukan bonsai.

Bonsai tersebut dijual ke sejumlah kota di Indonesia. Seperti Bali, Semarang, Tangerang dan Malang.

"Alhamdulillah untuk keuntungan budidaya bonsai ini jutaan Rupiah setiap bulannya. Pemasaran ke sejumlah kota seperti Bali, Semarang, Tangerang dan Malang " pungkas Rudi. (sun/bdh)