Festival Bonsai Bakal Jadi Agenda Tahunan di Surabaya

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 29 Nov 2018 15:39 WIB
Foto: Istimewa
Surabaya - Sekitar 350 bonsai dipamerkan dalam Festival Bonsai Nusantara di halaman Balai Kota Surabaya. Acara itu merupakan hasil kerjasama antara pemkot dan Rumah Bonsai Indonesia (Rubi).

Bonsai-bonsai ini merupakan milik 200 kolektor yang didatangkan langsung dari Bali, Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan dan pulau lainnya.

Ketua Festival Bonsai Nusantara Heri Gimbal mengaku mendapatkan sambutan luar biasa dari Wali Kota Tri Rismaharini.

"Alhamdulillah kita diterima dengan sangat luar biasa. Malah Bu Risma berharap acara ini dijadikan agenda tahunan di Balai Kota ini," kata Heri kepada detikcom, Kamis (29/11/2018).


Menurut Heri, festival bonsai ini merupakan yang kedua kalinya digelar. Pihaknya sengaja memilih menggelar festival di Surabaya karena ingin mengolaborasikan antara seni dan birokrasi.

"Kita mencoba mengolaborasikan antara seni dan birokrasi. Tujuannya adalah supaya para pejabat dan para birokrat punya kepekaan terhadap masyarakat," terang pria yang juga menduduki jabatan sebagai Sekjen Rumah Bonsai Indonesia ini.

Secara kebetulan, lanjut Heri, Risma dianggap sebagai ikon kepedulian lingkungan di Jatim. "Di Jatim, ikon lingkungan Bu Risma ya. Dengan tata kotanya, dengan penghijauannya kita akhirnya memilih tempat itu," imbuh Heri.
Festival Bonsai Bakal Jadi Agenda Tahunan di Surabaya Foto: Istimewa

Pada kesempatan yang sama, Risma menyampaikan terimakasih kepada Rumah Bonsai Indonesia yang telah menyelenggarakan festival tanaman unik di Kota Surabaya. Ia pun berharap festival semacam ini rutin digelar setiap tahunnya di Kota Surabaya.

"Harapannya nanti, Festival Bonsai Nusantara ini bisa menjadi salah satu agenda tahunan di Kota Surabaya," ungkap Risma.


Ketua Rumah Bonsai Indonesia Zudan Arif Fakrulloh juga mengapresiasi Pemkot Surabaya yang telah memberikan kesempatan kepada Rumah Bonsai Indonesia untuk menggelar festival di Surabaya.

"Baru kali ini ada pejabat pimpinan daerah yang langsung merespons positif terhadap festival ini," tandas Zudan.

Festival Bonsai Nusantara berlangsung sejak tanggal 25 November lalu dan akan berakhir pada tanggal 2 Desember nanti. Ayo mampir mumpung masih ada! (lll/lll)