Cantiknya Home Set Buatan Mahasiswa Unusa hingga Tembus Pasar Luar Negeri

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 08:50 WIB
Cantiknya Home Set Buatan Mahasiswa Unusa yang Tembus Pasar Luar Negeri
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Hiasan rumah atau home set buatan Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menembus pasar luar negeri. Home set cantik ini dibuat dari kain perca atau kain bekas.

Kerajinan ini terdiri dari beraneka macam hiasan rumah. Ada tudung saji, tempat tisu, penutup gelas, pelindung galon, wadah handphone dan remote TV hingga taplak meja.

Pembuatan home set diinisiasi Adiiba Dzakiyah Choirunnisa. Adiiba mengajak tiga temannya yakni Odilia Ika Auliya, Akmalina Ziadati Sukmaningtyas, yang merupakan mahasiswa Kesehatan Masyarakat dan Mahasiswa Manajemen, Vika Wulandari.

Pembuatan home set ini bermula dari banyaknya sampah kain yang dihasilkan dari usaha membuat baju ibunda Adiiba. Kain perca ini disulap menjadi hiasan cantik hingga lolos Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI).

Adiiba menceritakan banyak teman atau saudara yang senang dengan karya kerajinan dari kain sisa tersebut.

"Akhirnya saya membuat beberapa dan bersama ketiga rekan mencoba ikut KBMI. Alhamdulillah kami lolos dalam kompetisi tersebut," katanya di Surabaya, Jumat (29/10/2021).

Awalnya, Adiiba mengaku sempat mengalami kesusahan dalam memadupadankan kain yang ada agar terlihat cantik. Karena, kain perca yang tersisa memiliki beragam motif.

"Tapi lama kelamaan dan dari pengalaman sebelumnya kami berhasil memadupadankan warna, sehingga terlihat menarik. Kami kemudian mulai yakin bisa membuat kerajinan home set yang indah," jelasnya.

Dalam membuat kerajinan ini, Adiiba membutuhkan lem, kain perca serta rangka besi yang kuat. Hal ini agar kerajinan home setnya berbeda dari kerajinan lainnya.