Hama Tikus Serang Tanaman Jagung di Tulungagung, Petani Merugi

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 09:20 WIB
Hama Tikus Serang Tanaman Jagung di Tulungagung
Tanaman jagung dimakan hama tikus (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Tulungagung -

Area tanaman jagung di Kecamatan Rejotangan, Tulungagung, rusak akibat diserang hama tikus. Petani pun mengalami kerugian jutaan rupiah.

Salah seorang petani Muasim, mengatakan serangan tikus tersebut hampir merata di wilayah Desa Tanen dan Sumberagung, Kecamatan Rejotangan. Hewan pengerat tersebut menggasak tongkol jagung masih masih berusia muda.

"Yang diserang ini usia sekitar 60 hari, milik saya saja itu hampir 3/4 hektare. Itu jagungnya dimakan tikus," kata Muasim, Kamis (28/10/2021).

Para petani mengaku telah berusaha melakukan upaya penyelamatan tanaman jagungnya dengan berbagai macam cara, termasuk memasang jebakan hingga racun tikus. "Upayanya dikasih racun itu, ya sedikit mengurangi serangan," ujarnya.

Ia mengaku, hama tikus saat ini merupakan yang terparah dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Bahkan akibat maraknya serangan tikus tersebut membuat sejumlah petani frustasi, sehingga memilih untuk membabati tanamannya untuk dijadikan pakan ternak.

"Tahun lalu itu ya ada tapi tidak seperti ini. Jadi sekarang itu istilah kita itu sudah jengkel. Makanya yang sudah kena tikus dibuat pakan ternak, kebetulan petani rata-rata punya ternak," ujarnya.

Pihaknya berharap ada solusi dari pemerintah untuk membantu petani dari serangan hama tikus tersebut. Sehingga kerugian yang ditimbulkan tidak semakin parah.

(fat/fat)