30 Hektare Ladang Jagung Diserbu Tikus, Petani Lamongan Rugi Jutaan Rupaih

Eko Sudjarwo - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 13:07 WIB
hama tikus
Tikus hanya menyisakan tongkol jagung saja (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Hama tikus kembali menyerang. Kali ini, 20-30 hektare tanaman jagung milik petani di Lamongan rusak parah akibat serangan hama tikus.

Hama tikus ini memakan jagung siap panen hingga tersisa tongkolnya saja, akibatnya petanipun merugi jutaan rupiah per hektarnya.

Hama tikus menyerang tanaman jagung milik petani di Desa Cerme, Kecamatan Bluluk. Seluruh tanaman jagung siap panen ini kini mengalami kerusakan parah. Selain bagian buah jagung yang terkelupas, tongkol jagung juga sebagian sudah 'disantap' hama hewan pengerat ini.

Menurut salah seorang petani Desa Cerme Sukiman, serangan hama tikus ini merata. Tidak ada satu lahan di desa mereka yang lolos dari serangan hama tikus ini.

"Sudah sejak seminggu lalu habis dimakan tikus," kata Sukiman pada wartawan, Selasa (4/8/2020).

Sukiman menambahkan serangan hama hewan pengerat ini mengakibatkan lahan jagung di desanya mengalami gagal panen. Akibatnya, imbuh Sukiman, para petani pun merugi hingga puluhan juta rupiah perhektarnya.

"Ya rugi banyak ini, per hektare bisa sampai dua puluhanlah," akunya.

Sukiman menambahkan saat ini para petani hanya bisa pasrah karena sudah mencoba berbagai cara untuk menghalau hama tikus ini. Petani, tambah Sukiman, berharap pemerintah membantu petani menangani hama tikus yang terjadi setiap tahunnya ini.

"Kalau bisa pemerintah membantu para petani agar bisa bangkit lagi," pungkasnya.

Tonton video 'Dituding Rusak Kebun Teh, 12 Petani di Sukabumi Dipolisikan':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)