Mensos Risma Datang ke Blitar Percantik Makam Bung Karno

Erliana Riady - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 19:59 WIB
Blitar -

Mensos Tri Rismaharini datang ke Kota Blitar. Kunjungannya kali ini, selain ziarah ke Makam Bung Karno (MBK), juga mempercantik tampilan makam Sang Proklamator.

Rombongan Kemensos tiba di are MBK sekitar pukul 15.30 WIB. Sehari sebelumnya, tampak mobil Kemensos mengangkut puluhan tanaman hias dan bergalon-galon bahan pembersih yang diturunkan di MBK.

Risma begitu turun dari mobil, menuju ruang transit untuk berbincang dengan Wali Kota Blitar, Santoso. Yang didampingi Sekda Priyo Suhartono dan Plt Kadiaparbudpora Tri Iman Prasetyono. Usai berbincang sebentar, Risma langsung menuju nisan MBK untuk ziarah dan memanjatkan doa dengan khusuk.

Mensos Tri Rismaharini datang ke Kota Blitar. Kunjungannya kali ini, selain ziarah ke Makam Bung Karno (MBK), juga mempercantik tampilan makam Sang Proklamator.Mensos Risma bersih-bersih di MBK/ Foto: Erliana Riady/detikcom

Tak lama kemudian, Risma mulai berjalan mengelilingi area MBK. Seperti biasa, Risma turun langsung memberikan instruksi bunga apa yang pantas ditanam di sudut are MBK. Lalu posisi lighting di segenap penjuru taman yang mengelilingi nisan MBK. Tak lupa membersihkan semua sudut dan ornamen di seluruh MBK.

"Marmer ini bahannya, gak bisa kalau hanya digosok tanpa pembersih. Gosok sampai tiga kali, biar kinclong sampai bisa buat bercermin," begitu arahan Risma sambil memberi contoh kepada petugas kebersihan dari Kemensos, Sabtu (23/10/2021).

Sambil memegang selang air, Risma yang semula memakai sepatu berganti sandal, dan dengan cekatan menyemprotkan air ke dinding gapura MBK yang baru digosok stafnya.

Bersih-bersih MBK, pemasangan lampu dan penanaman puluhan pohon di area MBK ini, merupakan tanggung jawab Kementerian Sosial untuk me-maintenance makam pahlawan. "Sejak tahun 1979 di sini (MBK) belum pernah tersentuh maintenance Kemensos. Jadi baru kali ini kita lakukan, agar aura MBK ini semakin hidup," tambahnya.

Risma menambahkan, karena banyak titik lighting baru yang terpasang, otomatis akan menambah beban biaya operasional MBK. Untuk itu, Kemensos akan membantu dana operasional MBK sebagai konsekuensi maintenance yang dilakukannya hari ini.