Wapres Tinjau Vaksinasi COVID-19 Massal Se-Kabupaten Situbondo

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 17:08 WIB
Wapres Tinjau Vaksinasi COVID-19  Massal Se-Kabupaten Situbondo
Foto: Istimewa (Dok: Setwapres)
Situbondo -

Wapres Ma'ruf Amin meninjau vaksinasi COVID-19 di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah, Jl. KHR. Syamsul Arifin, Sukorejo, Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Wapres meminta peran serta aktif seluruh elemen masyarakat mensukseskan program percepatan vaksinasi COVID-19.

Dalam peninjauan ini, Wapres didampingi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pengasuh Pondok Pesantren KH Azaim Ibrahimy dan Wakil Pengasuh Pondok Pesantren KH Affifudin Muhajir melihat langsung pemberian vaksinasi ke santri, guru, dosen dan para pengurus pondok pesantren, Kamis (21/10/2021).

"Walaupun tingkat penularan sekarang ini sudah mulai turun, tetapi kita belum merasa aman karena kita menjaga kemungkinan terjadi lonjakan. Untuk itu harus tetap kita antisipasi, apalagi kita mengantisipasi kemungkinan gelombang ketiga. Oleh karena itu dua hal penting yaitu menjaga protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan vaksinasi," ungkap Wapres.

Wapres juga mengucapkan terima kasih kepada para kiai hingga seluruh jajaran ponpes yang telah mensukseskan vaksinasi COVID-19.

"Karena itu saya menyampaikan apresiasi kiai haji dan seluruh jajaran pondok pesantren yang pada hari ini menggelar vaksinasi. Mudah-mudahan ini jadi upaya kita dalam rangka supaya kita bisa bekerja dan bisa mengembalikan situasi jadi normal kembali," tandasnya.

Keberhasilan penanganan COVID-19 dipengaruhi banyak faktor, salah satunya program vaksinasi. Diperlukan peran serta aktif dari seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan progam percepatan vaksinasi COVID-19.

"Saya minta forkopimda dan seluruh unsur organisasi perangkat daerah, hingga satuan pemerintahan terus bergerak bersama dengan seluruh lapisan masyarakat dan swasta untuk selalu meningkatkan penerapan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi sebagai upaya menekan laju penyebaran COVID-19," tegasnya.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengakselerasi pemberian vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat, jelas dia, dengan metode jemput bola. Dengan demikian, masyarakat yang memiliki keterbatasan pergerakan atau bertempat tinggal di wilayah yang jauh memiliki kesempatan yang sama dengan masyarakat lain untuk menerima vaksinasi.

Simak video 'Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 Jelang Libur Akhir Tahun':

[Gambas:Video 20detik]