Atlet PON Kontingen Jatim Dikarantina di 3 Hotel Surabaya

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 10:21 WIB
atlet jatim dikarantina di hotel
Atlet Jatim ditemui Kapolda Jatim sebelum dikarantina di hotel (Foto: Dok. Polda Jatim)
Surabaya -

Atlet Jawa Timur yang pulang usai berlaga di PON XX Papua 2021 menjalani karantina di tiga hotel di Surabaya. Salah satunya adalah sebuah hotel wilayah Embong Malang, Surabaya yang menjadi tempat karantina ratusan atlet hingga official.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto mengatakan isu beberapa waktu lalu yang menyebut atlet Jatim tak dikarantina itu tidak benar. Meski hasil PCR seluruh kontingen asal Jatim dinyatakan negatif, namun kesemuanya tetap menjalani karantina selama lima hari sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kami juga ingin menyampaikan, beberapa waktu lalu seakan-akan ada informasi bahwa Jatim tidak melaksanakan program karantina terhadap para atlet. Itu tidak betul," kata Suharyanto kepada detikcom, Selasa (19/10/2021).

"Tetap walaupun kita laksanakan tes baik PCR maupun antigen setelah rutin, kembalinya atlet Jatim walaupun tidak ditemukan yang reaktif, tetap dilaksanakan karantina selama lima hari sesuai ketentuan yang berlaku. Ada beberapa titik, ini di hotel wilayah Embong Malang Surabaya ada beberapa ratus atlet. Tidak hanya semua di sini tapi di Surabaya ada tiga tempat," imbuhnya.

Tak hanya itu, Forkopimda Jatim juga menyambangi dan mengecek karantina para atlet ini. Suharyanto mengatakan dirinya didampingi Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta dan Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono mengunjungi para atlet yang tengah dikarantina.

Selain itu, Suharyanto mengaku bangga dengan raihan medali emas hingga perunggu yang dibawa kontingen Jatim.

"Pertama kami turut bangga dan ingin merasakan kebahagiaan dengan para atlet. Jatim meraih prestasi yang membanggakan," ujarnya.

Suharyanto mengatakan Forkopimda Jatim juga sempat menyambangi dan memberi semangat para atlet sebelum berlaga di Papua beberapa waktu lalu. Tak disangka motivasi yang diberikan membawa banyak dampak positif.

Di kesempatan ini, Suharyanto mewakili seluruh keluarga besar Kodam V/Brawijaya dan anggota TNI mengucapkan selamat pada seluruh atlet PON Jatim.

"Kami beberapa waktu yang lalu juga datang ke Papua. Saat itu masih persiapan-persiapan melaksanakan beberapa pertandingan dengan Ibu Gubernur memberikan motivasi ke beberapa cabor, hasilnya positif setelah ibu gubernur datang memberikan semangat, terbukti para atlet seperti mendapat energi tambahan sehingga dapat melaksanakan setiap event olah raga dan meraih prestasi terbaik," tambahnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta juga turut mengapresiasi pencapaian luar biasa seluruh atlet yang sudah membawa nama harum Jawa Timur.

"Kami mengucapkan selamat pada seluruh tim baik atlet maupun official Jawa Timur yang telah sukses dalam melaksanakan PON dan kembali dengan sehat dan semangat, kami bangga, kami salut dan mudah-mudahan makin maju ke depan," harap Nico.

(hil/iwd)