Dukung Kunjungan Wisata, Daop 9 Jember Kembali Operasikan KA Mutiara Timur

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 18:33 WIB
Daop 9 Jember Kembali Operasikan KA Mutiara Timur
Daop 9 Jember Kembali Operasikan KA Mutiara Timur (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Mendukung geliat pariwisata di Banyuwangi, PT KAI kembali mengoperasikan perjalanan KA Mutiara Timur relasi Ketapang-Yogyakarta. Dukungan transportasi untuk wisatawan dari dan ke Banyuwangi itu akan menambah kunjungan wisata. Pengoperasian kembali KA Mutiara Timur ini menggunakan penerapan prokes yang ketat.

Vice President KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal, menyatakan, pengoperasian KA Mutiara Timur ini untuk memberikan pilihan KA sesuai dengan jam operasional dan kelas KA yang diinginkan pengguna jasa khususnya wisatawan ke Banyuwangi dan Yogyakarta. Untuk sementara waktu KA Mutiara Timur hanya beroperasi dua hari dalam sepekan yakni pada hari Jumat dan Minggu saja.

"Beroperasi pada hari Jumat dan Minggu dimulai tanggal 15, 17, 22, 24, 29 dan 31 Oktober 2021," jelasnya kepada wartawan, Jumat (15/10/2021).

Dia menambahkan, dengan beroperasinya KA Mutiara Timur ini semakin banyak pilihan jenis KA bagi pelanggan. Karena selain dioperasikan kembali KA Mutiara Timur, beberapa KA lain seperti KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon dan KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap dioperasikan setiap hari sejak Kamis, 7 Oktober 2021 hingga 31 Oktober 2021.

Dia menambahkan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menggunakan KA jarak jauh. Di antaranya, menunjukkan bukti vaksin minimal dosis pertama. Bukti vaksin COVID-19 ini akan dicek petugas melalui layar komputer petugas boarding sebelum naik kereta.