Saat Khofifah Nostalgia Naik KA Jakarta-Surabaya Hanya Rp 8 Ribu

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 12:21 WIB
Gubernur Jatim selfie dengan penumpang KA Argo Anggrek
Gubernur Khofifah nostalgia naik KA (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Gubernur Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan KA Argo Bromo Anggrek jurusan Surabaya-Jakarta. Di momentum ini, Khofifah juga bernostalgia saat dirinya menjadi pelanggan setia kereta api.

Khofifah bercerita sekitar tahun 1984, dia sering naik kereta dari Surabaya menuju Jakarta dan sebaliknya. Dulu, harga tiketnya masih Rp 8 ribu.

"Saya ini pelanggan kereta api dari tahun 1984, dari mulai kereta api yang paling murah waktu itu Rp 8 ribu Jakarta-Surabaya, Surabaya-Jakarta saya naik lagi yang relatif di atas itu sampai kemudian pada Argo Bromo Anggrek," kata Khofifah di sela Peringati HUT PT KAI ke-76 di Stasiun Pasar Turi Surabaya, Jumat (24/9/2021).

Khofifah mengatakan saat ini fasilitas dan kenyamanan di kereta api semakin meningkat. Khofifah juga menyempatkan diri meninjau sejumlah fasilitas baru di kereta Argo Bromo Anggrek.

"Saya mengikuti perubahan layanan di perkeretaapian terus dilakukan, melayani lebih baik, melayani lebih cepat dan ada percepatan Jakarta-Surabaya sekitar 20 menit. Kita tadi juga bisa melihat bagaimana live cooking di kereta api," imbuh Khofifah.

Baca juga: Asyik, Naik Kereta Api dari Surabaya ke Jakarta Kini Lebih Cepat 20 Menit

Di kesempatan nostalgia ini, Khofifah juga berpesan pada penumpang kereta api agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama dalam perjalanan.

"Saya ingin mengajak seluruh masyarakat bahwa protokol COVID-19 untuk meratakan bisa terjaga. Selama perjalanan juga diterapkan dengan cukup ketat dan tetap dijaga 70% dari kapasitas. Maka kerja sama semua pihak menjadi bagian yang sangat penting untuk saling menjaga bahwa protokol kesehatan bisa terjaga dengan baik di public transportation," tandasnya.

Sementara ada 6 percepatan jarak tempuh KA yakni:
1) Argo Bromo Anggrek (1B) : Surabaya Pasar Turi - Gambir, sebelumnya 8 jam 30 menit, menjadi 8 jam 10 menit, selisih 20 menit
2) Argo Bromo Anggrek (2B) : Gambir - Surabaya Pasar Turi, sebelumnya 8 jam 29 menit, menjadi 8 jam 10 menit, selisih 19 menit
3) Argo Bromo Anggrek (3B) : Surabaya Pasar Turi - Gambir, sebelumnya 8 jam 30 menit, menjadi 8 jam 10 menit, selisih 20 menit
4) Argo Bromo Anggrek (4B) : Gambir - Surabaya Pasar Turi, sebelumnya 8 jam 29 menit, menjadi 8 jam 10 menit, selisih 19 menit
5) Argo Wilis (5C) : Surabaya Gubeng - Bandung, sebelumnya 10 jam 43 menit, menjadi 9 jam 55 menit, selisih 48 menit
6) Argo Wilis (6C) : Bandung - Surabaya Gubeng, sebelumnya 10 jam 43 menit, menjadi 9 jam 55 menit, selisih 48 menit

(hil/fat)