Anggota DPRD Mojokerto Dilaporkan Tipu Teman Rp 75 Juta, Begini Sikap Partai

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 18:32 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Mojokerto, Mustakim dilaporkan ke polisi. Ia diduga menipu pengusaha rental mobil yang merupakan temannya, Rp 75 juta.
DPRD Kabupaten Mojokerto/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
Mojokerto -

Anggota DPRD Kabupaten Mojokerto, Mustakim dilaporkan ke polisi. Ia diduga menipu pengusaha rental mobil yang merupakan temannya, Rp 75 juta.

Mustakim merupakan kader PPP. Ketua DPC PPP Kabupaten Mojokerto Kusairin mengatakan, tindakan awal yang akan dilakukan yaitu memanggil Mustakim untuk dimintai keterangan. Karena selama ini, pihaknya mengaku belum mengetahui persis kasus penipuan yang diduga dilakukan Mustakim.

"Dalam waktu dekat kami panggil secara resmi untuk kami mintai keterangan. Sedang disiapkan bagian organisasi kaderisasi dan kepemimpinan (OKK). OKK akan memanggil atas nama partai. (Selanjutnya bagaimana?) Nanti akan ada keputusan partai. Kami belum tahu keputusannya seperti apa karena belum bertemu dengan yang bersangkutan," kata Kusairin kepada detikcom, Kamis (14/10/2021).

Di DPC PPP Kabupaten Mojokerto, Mustakim menjabat Wakil Ketua 3 Bidang Daerah Pemilihan. Politisi asal Desa Pacing, Kecamatan Bangsal ini juga aktif sebagai anggota DPRD Kabupaten Mojokerto periode 2019-2024.

Kusairin menjelaskan, klarifikasi terhadap Mustakim penting dilakukan agar DPC PPP Kabupaten Mojokerto mengetahui betul persoalan hukum tersebut. Menurut dia, hasil klarifikasi akan menentukan sikap partai untuk memberi sanksi terhadap Mustakim atau tidak.

"Itu kan baru dugaan. Bisa jadi itu nanti diselesaikan dengan pertemuan antara Pak Mustakim dengan yang bersangkutan (korban). Kami masih belum tahu secara resmi. Apabila dugaan itu menjadi pelanggaran yang benar, partai akan mendisiplinkan kadernya. Pasti ada sanksi dan tindakan," terangnya.