Polemik Sumur Bor Pesanggaran, Camat Turun Tangan Selesaikan Konflik Warga

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 14:17 WIB
Polemik Sumur Bor Pesanggaran, Camat Turun Tangan Selesaikan Konflik Warga
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Polemik pembangunan sumur bor untuk masyarakat pesisir Pantai Pulau Merah Banyuwangi terus bergulir. Pihak kecamatan menyayangkan adanya polemik itu. Namun pihak kecamatan Pesanggaran akan melakukan komunikasi antar masyarakat.

Camat Pesanggaran, Sugiyo Dermawan menyebut masyarakat pesisir Pantai Pulau Merah Banyuwangi, membutuhkan air bersih untuk memenuhi kelayakan kehidupan sehari-hari. Selain bagus untuk kesehatan, air bersih ini juga bisa digunakan untuk mendukung sektor pariwisata setempat.

"Ya tentu ini sangat dibutuhkan untuk masyarakat sendiri dan pariwisatanya. Kami harap ada jalan keluar dengan polemik ini," ujarnya kepada wartawan, Kamis (14/10/2021).

Seperti diketahui, masyarakat di sekitar pesisir pantai Pulau Merah memanfaatkan air dari sumur untuk kesehariannya. Akan tetapi kualitas air tersebut kurang bagus. Bahkan sebagian sumur ada yang berwarna kuning dan cenderung memiliki rasa asin.

Ratusan warga sekitar pun sangat membutuhkan dan sepakat jika ada air bersih yang mengaliri rumah-rumah mereka. Untuk mendukung kesehatan masyarakat pesisir ini, selanjutnya PT Bumi Suksesindo bersedia memberikan program bantuan pengadaan sumber air bersih tersebut.

"Sangat baik terkait program air bersih, yang namanya air bersih sangat diperlukan untuk kehidupan yang sehat," ungkap Sugiyo.

Untuk menyuplai air bersih bagi warga ini, direncanakan akan dibangun sebuah sumur bor di wilayah Roworejo, Dusun Pancer, Desa Sumberagung. Penentuan lokasinya ini pun menggunakan metode geolistrik.

Namun sayangnya, rencana pengadaan air bersih ini masih terkendala. Hal ini dikarenakan adanya penolakan dari beberapa warga di sekitar lokasi penentuan sumur bor. Belum diketahui secara pasti apa penyebab penolakan tersebut. Diduga, penolakan ini karena pembangunan sumur bor tersebut melibatkan campur tangan PT Bumi Suksesindo.