Tiga Satwa Lahir di Kebun Binatang Surabaya dalam Dua Bulan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Minggu, 10 Okt 2021 19:40 WIB
Koleksi satwa di Kebun Binatang Surabaya (KBS) bertambah dalam dua bulan terakhir. Sebab, ada tiga satwa yang lahir di KBS.
Binturong Malaya di KBS/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

Koleksi satwa di Kebun Binatang Surabaya (KBS) bertambah dalam dua bulan terakhir. Sebab, ada tiga satwa yang lahir di KBS.

Pertama yakni, satwa Binturong Malaya yang merupakan keluarga dari musang terbesar tersebut, memiliki warna hitam dan ekor panjang. Indukan satwa tersebut telah melahirkan dua ekor satwa

Pada 1 Agustus lalu, satwa Binturong Malaya melahirkan dua anak. Hingga saat ini, anak dari Binturong Malaya itu masih berada di ruang karantina. Binturong Malaya merupakan keluarga dari musang. Memiliki warna hitam dan ekor panjang.

Lalu pada 3 Oktober, satwa Watusi yang mirip banteng berwarna kecoklatan melahirkan satu anak. Habitat asli dari satwa ini di Afrika Tengah.

Humas PDTS Kebun Binatang Surabaya Agus Supangat membenarkan soal kelahiran tiga satwa tersebut. Saat ini, tiga anak satwa tersebut masih dalam kandang karantina.

Koleksi satwa di Kebun Binatang Surabaya (KBS) bertambah dalam dua bulan terakhir. Sebab, ada tiga satwa yang lahir di KBS.Watusi di KBS/ Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom

"Beberapa bulan terakhir ini, memang ada kelahiran satwa. Ada Binturong dan Watusi. Namun, ini masih dalam perawatan khusus jadi belum dimasukkan ke kandang satwa, (keduanya) jenis mamalia," kata Agus kepada wartawan di KBS, Minggu (10/10/2021).

Agus menambahkan, jumlah satwa di PDTS Surabaya kini mencapai 2.200an. Itu terdiri dari 220 jenis satwa.

"Jumlah satwa kami cukup lengkap," ungkap Agus.

Dengan lahir dua anak, satwa Binturong di KBS berjumlah 11 ekor. Sedangkan Watusi kini menjadi 5 ekor.

(sun/bdh)