Said Aqil Siap Jadi Ketum NU 3 Periode, IGGI: Itu Sebelum Era Reformasi

Amir Baihaqi - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 13:50 WIB
Ketua Ikatan Gus-gus Indonesia (IGGI) Ahmad Fahrur Rozi
Ketua IGGI Gus Fahrur (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj menegaskan pencalonannya hingga 3 periode tidak melanggar AD ART. Sebab, tidak ada batasan. Dia kemudian menyontohkan Gus Dur yang pernah menjabat Ketum PBNU hingga 3 periode.

Menanggapi hal itu, Ketua Ikatan Gus-gus Indonesia KH Fahrur Rozi menyebut era Gus Dur saat itu sebelum ada reformasi. Gus Fahrur kemudian menyontohkan apa yang pernah dilakukan KH Hasyim Muzadi menolak menjadi ketum lagi.

"Ya itu kan sebelum era reformasi. Sekarang kan sudah reformasi. Pak Harto juga 6 periode. Menurut saya itu ukurannya Pak Hasyim 2 periode tidak mau maju lagi. Waktu itu kalau mau maju lagi pasti menang. Tapi dia gak mau," kata Fahrur kepada detikcom, Sabtu (9/10/2021).

Baca juga: Ikatan Gus-gus Indonesia Tolak Jabatan Ketua Umum PBNU 3 Periode

Gus Fahrur justru mendorong Kiai Said agar maju di tingkat syuriah. Sebab tanfidziyah sudah bukan lagi tingkatnya.

Sedangkan untuk tanfidziyah, lanjut Fahrur, diisi oleh kader-kader muda. Ia kemudian mengibaratkan tanfidziyah sebagai pemain bola dan syuriah adalah pelatihnya.

"Harusnya Pak Said Aqil itu maju ke Rais AM dong. Karena tingkatannya memang sudah syuriah bukan tanfidziyah," tutur pria yang menjabat Wakil PWNU Jatim itu.

Simak juga 'Di Balik Alasan Ulama NU Ingin Presiden Dipilih MPR':

[Gambas:Video 20detik]