Haul KH Hamid Seminggu Lagi, Pemkot Terapkan Prokes Ketat

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 16:20 WIB
wali kota pasuruan gus ipul
Wali Kota Pasuruan Gus Ipul (Foto: Muhajir Arifin)
Kota Pasuruan -

Haul KH Abdul Hamid akan digelar pada hari Sabtu tanggal 16 Oktober 2021 mendatang. Pemerintah Kota Pasuruan akan membantu secara penuh prosesi haul. Haul akan digelar dengan protokol kesehatan ketat dan disiarkan live di puluhan masjid yang ada di Kota Pasuruan.

"Kita siapkan seluruh tim membantu. Haul kali ini sudah 40 tahun tapi tahun ini harus ditunjukkan bahwa kita benar-benar menyelenggarakan dengan warna prokes yang sangat kuat," kata Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf atau Gua Ipul saat memimpin rapat finalisasi persiapan haul di Pendopo Kota Pasuruan, Jumat (8/10/2021).

Dalam acara haul ini, Gus Ipul memerintahkan seluruh camat serta OPD (organisasi perangkat daerah) untuk membantu. Dinas Lingkungan Hidup misalnya diperintahkan menyediakan banyak lokasi cuci tangan di sekitar lokasi haul.

Dinas kesehatan juga diperintahkan untuk membangun beberapa posko kesehatan serta menerjunkan personelnya. Begitu juga BPBD juga akan menerjunkan mobil pemadam serta melakukan penyemprotan disinfektan H-1 dan H+1.

Setiap camat diminta membuat lokasi nonton bareng live haul. Begitu juga kantor-kantor dinas harus dibuka untuk menyediakan haul secara virtual. Selain itu berbagai OPD juga terlibat aktif di bidangnya masing-masing.

"Semakin banyak lokasi yang menyediakan haul virtual akan bisa memecah konsentrasi jamaah," kata Gus Ipul.

Pemerintah Kota Pasuruan juga akan meliburkan seluruh sekolah dan ASN. Tidak hanya diliburkan, mereka juga dilarang bepergian ke luar kota saat haul.