Gus Ipul Target Kota Pasuruan Jadi Zona Hijau Sebulan Lagi

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 15:06 WIB
vaksinasi di pasuruan
Vaksinasi di Kota Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menargetkan daerahnya masuk zona hijau COVID-19 sebulan lagi. Optimisme itu didasari angka vaksinasi yang tinggi dan tingkat penularan yang rendah.

"Pertama sekarang vaksinasi sudah 74 persen, dengan tambahan hari ini kita terima 5.000 vaksin, insyaallah kita menuju 80 persen. Dua minggu ke depan kita 80 persen," kata Gus Ipul saat vaksinasi massal kerja sama Pemkot Pasuruan dan Seknas Jokowi di Gedung Kesenian Darmoyudo, Pasuruan, Rabu (29/9/2021).

Gus Ipul menambahkan saat ini pihaknya mengejar target vaksinasi lansia sebesar 60 persen. Angka itu diyakininya bisa terpenuhi dua minggu lagi.

"Kita sedang ngejar target lansia. Khusus lansia kita sudah 56 persen. Target dari pusat kan 60 persen," terang Gus Ipul.

Selain angka vaksinasi yang tinggi, penularan COVID-19 juga sangat rendah. Seminggu terakhir, hanya tercatat satu kasus positif dan zero kematian.

"Kita sudah PPKM level I dan zona kuning. Kita bekerja keras untuk menjadi zona hijau, target kita satu bulan ke depan bisa jadi zona hijau," terangnya.

Saat ini Pemkot Pasuruan sudah melakukan pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat. Jika sebelumnya 52 titik jalan ditutup, sekarang tinggal 17 titik.

"Kondisi ini tak lepas diri peran TNI dan Polri, jajaran satgas serta alim ulama dan tokoh masyarakat. Kami minta masyarakat tetap taat protokol kesehatan," pungkas Gus Ipul.

(iwd/iwd)