Mahasiswa-Alumni UK Petra Sabet Medali Emas dan Perak PON Papua Wushu

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 13:13 WIB
Mahasiswa dan Alumni UK Petra Sabet Medali Emas dan Perak PON Papua Cabor Wushu
Mahasiswa-alumni UK Petra sabet emas dan perak (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Satu mahasiswa dan alumni dari Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya membanggakan nama kampus dan juga Jatim pada PON XX Papua. Mahasiswa program studi Business, Management, Nicholaus Karanka Adinugroho menyabet medali emas dan alumni program studi Creative Tourism, William Ajinata menyabet perak dan emas pada cabang olahraga (Cabor) Wushu.

"Bersyukur. Kami sangat senang dan bangga bisa mengharumkan nama Jawa Timur sekaligus keluarga dan universitas yang sudah mendukung penuh selama ini," kata Nicho kepada wartawan di Gedung Q UK Petra, Jumat (8/10/2021).

"PON kali ini banyak mendukung saya. Petra mendukung, mengizinkan, karena ada mata kuliah yang dimudahkan. Dulu petra terkenal susah izin, tapi sekarang saya dimudahkan dari Warek, Waka, dosen saya sendiri," tambahnya.

Medali emas Wushu ini diraih kategori Taolu Duilian (Berpasangan) putra, yakni duet antara Nicholaus dengan William. Untuk mendapatkan medali emas dan perak, membutuhkan usaha dan persiapan yang panjang. Bahkan mereka harus menjalani karantika sejak September 2020.

"Sebenarnya persiapan sudah dilakukan sejak PON 2016 yang lalu. Tetapi latihan intensnya ya sejak September 2020. Ini memang program dari KONI Jawa Timur, bersama atlet Jawa Timur lainnya dan pelatih kami disiapkan rumah khusus agar lebih fokus latihan untuk PON XX. Kita di sana benar latihan, persiapannya sangat baik dari KONI," jelas mahasiswa angkatan 2019 ini.

Berpasangan dengan seniornya yang satu almamater, Nicho merasa sangat senang. Sehingga pada saat membawakan duel event dan berhasil meraih point dari juri PON XX Papua sebesar 9,51.

Simak video 'Momen Tim Takraw Putri Jabar Sabet Emas Usai Tundukkan Papua':

[Gambas:Video 20detik]