Kisah Perajin Boneka K-Pop di Kota Malang Bertahan Selama Pandemi

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 11:17 WIB
Berbagai cara dilakukan UMKM untuk tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19. Seperti yang dilakukan Sulikah Handayani, perajin boneka di Kota Malang.
Boneka K-Pop/Foto: Muhammad Aminudin/detikcom
Malang -

Berbagai cara dilakukan UMKM untuk tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19. Seperti yang dilakukan Sulikah Handayani, perajin boneka di Kota Malang.

Sulikah harus berjuang mempertahankan bisnisnya, agar bisa terus menggaji tujuh karyawan. Pandemi sempat membuat Sulikah kelimpungan, karena sulitnya bahan baku.

Dia harus bisa cepat beradaptasi dengan membuat produk yang sedang tren, yakni boneka K-Pop. Ide pembuatan boneka K-Pop muncul saat kedatangan mahasiswa ke galerinya di Jalan Lapangan, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, untuk memesan boneka K-Pop.

Peluang itu yang kemudian diambilnya. Pesanan pun terus berdatangan. Tak disangka, sudah ribuan boneka K-Pop yang dibuat Sulikah bersama tujuh pekerja lainnya.

Berbagai cara dilakukan UMKM untuk tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19. Seperti yang dilakukan Sulikah Handayani, perajin boneka di Kota Malang.Sulikah Handayani, perajin boneka di Kota Malang/ Foto: Muhammad Aminudin/detikcom

Tokoh K-Pop tersebut dibuat dalam bentuk kartun, kemudian dijadikan boneka. Beragam tokoh mulai dari EXO, BTS hingga Jungkook tampak lucu dan menggemaskan.

Perempuan yang akrab disapa Lika ini sudah mulai merintis kerajinan boneka sejak di-PHK dari sebuah departemen store pada tahun 2011. Lika memiliki keahlihan menjahit, akhirnya memutuskan untuk membuat boneka.

Lucunya, Lika kadang tak mengetahui karakter tokoh yang dipesan. "Kadang saya juga gak hafal semua tokoh-tokoh di K-Pop. Karena wajahnya mirip-mirip. Ini ada boneka seperti Bobby dari K-Pop iKon, ada juga boneka dari Exo," kata Lika kepada wartawan, Jumat (28/10/2021).

Setiap desain boneka memiliki tingkat kerumitan yang tinggi. Terlebih banyak fans K-Pop yang perfeksionis, sehingga revisi sering dilakukan.

Simak juga '5 Rekomendasi Wisata Korea ala Kimbab Family':

[Gambas:Video 20detik]