Cerita Warga Dilempari Kerikil Pocong Penghuni Gedung Bekas RSUD Bangil Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 18:12 WIB
eks gedung rsud bangil pasuruan
Lokasi gedung bekas RSUD Bangil (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)

Sejak saat itu dia lari dan memilih pulang. Sempat tidak bekerja selama satu minggu, membuat Saiful nekat kembali turun ke jalan membantu kendaraan-kendaraan besar di sekitar lokasi.

Menurut Saiful, sosok-sosok lelembut juga sering menampakkan diri kepada warga sekitar. "Pernah jalan-jalan sampai permukiman," ungkapnya.

Selain pengalaman bertemu pocong, Saiful mengaku sering mengalami hal mistis. "Hanya ngetok'i (Menampakkan diri), nggak mencelakai. Awalnya saya ciut nyali, tapi lama-lama saya anggap biasa," tandasnya.

Baca juga: Kesaksian Pegawai Bekas RSUD Bangil: Diinjak hingga Dikencingi Lelembut

Kompleks bangunan bekas RSUD Bangil, di Jalan dr Soetomo, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, ini berdiri sejak 1913. Lokasi ini pernah dijadikan puskesmas, kemudian dimanfaatkan sebagai RSUD pada 1981. Pada tahun 2013, RSUD resmi pindah ke Desa Raci, Kecamatan Bangil.

Sejak saat itu kompleks ini dimanfaatkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Antara lain Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Keluarga Berencana (KB), UPT Pemadam Kebakaran (Damkar), Palang Merah Indonesia (PMI) hingga terakhir Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Lazimnya kompleks yang pernah menjadi rumah sakit, tempat ini memiliki gedung layanan poli kesehatan, gedung kedaruratan hingga gedung untuk kamar mayat. Gedung bekas kamar mayat masih ada hingga sekarang dan disebut-sebut jadi tempat menyeramkan dan sarang lelembut.


(fat/fat)