Berdiri Tahun 1913, Bangunan Bekas RSUD Bangil Disebut Jadi Sarang Lelembut

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 15:41 WIB
eks gedung rsud bangil pasuruan
Beberapa bagian Gedung Eks RSUD Bangil yang angker (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

Bangunan bekas RSUD Bangil, di Jalan dr Soetomo, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, dikenal tak terawat dan usang. Aura menyeramkan muncul saat memasuki kompleks bangunan tua yang berada di tengah kota ini. Konon, gedung-gedung di kompleks ini jadi sarang lelembut.

Kondisi gedung yang usang kontras dengan bangunan yang ada di sekitarnya. Di depan gedung bekas RSUD Bangil, ini merupakan jalur pantura. Di seberangnya berdiri Mako Polres Pasuruan. Di sisi belakang atau utara jalan lingkar utara. Di sebelah barat Gedung Pengadilan Negeri (PN) sedangkan di sebelah timurnya perkampungan.

Gedung tersebut sudah berdiri sejak 1913. Dan sejak tahun 1981 kawasan ini dimanfaatkan sebagai RSUD Bangil, namun pada tahun 2013, RSUD Bangil resmi pindah ke gedung baru di Desa Raci.

Sejak saat itu kompleks ini dimanfaatkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Antara lain Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Keluarga Berencana (KB), UPT Pemadam Kebakaran (Damkar), Palang Merah Indonesia (PMI) hingga terakhir Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Lazimnya rumah sakit, tempat ini memiliki gedung layanan poli kesehatan, gedung kedaruratan hingga gedung untuk kamar mayat. Gedung bekas kamar mayat masih ada hingga sekarang dan disebut-sebut jadi sarang makhluk gaib. Sejumlah petugas yang berjaga hingga warga sekitar menjadi saksi penampakannya.

"Beberapa kali saya menyaksikan kehadiran makhluk gaib," kata Akhmad Aldi, salah satu pegawai DLH di lokasi, Rabu (6/10/2021).

Simak juga 'Cerita Mistis Kolam Renang di Pacitan yang Bikin Merinding':

[Gambas:Video 20detik]