3.000 Dosis Vaksin Digelontorkan untuk Warga Binaan di Lapas Lowokwaru

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 20:02 WIB
vaksinasi di lapas lowokwaru
3.000 dosis vaksin digelontorkan untuk warga binaan di Lapas Lowokwaru (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang -

Ribuan warga binaan di Lapas Klas I Lowokwaru mengikuti program vaksinasi yang digelar Polresta Malang Kota. Tiga ribu dosis vaksin disiapkan untuk membentuk herd immunity di lingkungan lembaga permasyarakatan.

Vaksinasi massal di Lapas Klas I Lowokwaru, Kota Malang, dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama, disediakan 500 dosis vaksin bagi warga binaan.

Menyusul di hari berikutnya sebanyak 800 warga binaan menjalani vaksinasi. Program vaksinasi akan dilanjutkan pekan depan, sampai target 3 ribu dosis vaksin diberikan kepada warga binaan. Puluhan tenaga kesehatan diterjunkan untuk menyukseskan vaksinasi massal ini.

Kapolresta AKBP Budi Hermanto menyampaikan tujuan dibukanya gerai vaksinasi dengan sasaran warga binaan ini, untuk membentuk herd immunity di lingkungan lembaga pemasyarakatan. Sekaligus mencegah penularan virus COVID-19 di Lapas Klas I Lowokwaru.

"Target kami 3 ribu warga binaan sudah tervaksinasi, untuk membentuk herd immunity di lingkungan Lapas Klas I Lowokwaru," ujar Budi Hermanto disela meninjau pelaksanaan vaksinasi di Lapas Klas I Lowokwaru Jalan Asahan, Kota Malang, Selasa (28/9/2021).

Sejauh ini, lanjut Budi Hermanto, total vaksinasi sudah mencapai 1.300 dosis, dan tersisa 1.700 dosis vaksin. Pihaknya berharap, target dapat terpenuhi satu minggu kedepan.

"Sejauh ini secara total sudah sampai 1.300 dosis vaksin. Sedangkan masih tersisa 1.700 dosis lagi, semoga target bisa terpenuhi dalam satu minggu kedepan," tutur Budi Hermanto.

"Untuk jenis vaksin yang diberikan adalah AZ (Astra Zeneca). Untuk vaksinasi kedua, akan diberikan dua bulan ke depan," sambungnya.

Budi Hermanto membeberkan alasan dipilihnya Lapas Lowokwaru untuk sasaran vaksinasi. Karena vaksin menjadi kebutuhan dan hak semua orang, termasuk warga binaan Lapas Kelas IA Lowokwaru.

Terpisah, Kepala Lapas Kelas IA Lowokwaru Kota Malang R.B. Danang mengapresiasi langkah Polresta Malang Kota untuk memberikan kemudahan vaksinasi sekaligus empati bagi warga binaan.

"Kami merasa diperhatikan karena disentuh langsung oleh Bapak Kapolresta Malang Kota. Semoga seluruh warga binaan kami seluruhnya dapat segera mendapatkan vaksin sehingga mempercepat proses terbentuknya kekebalan komunal di lingkungan Lapas," kata Danang.

(iwd/iwd)