Demo Harga Pakan Mahal, Peternak Ayam di Magetan Bagikan Telur Gratis

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 19:30 WIB
demo peternak ayam petelur
Telur ayam dibagikan gratis oleh peternak ayam petelur di Magetan (Foto: Sugeng Harianto)
Magetan -

Puluhan peternak ayam petelur di Magetan menggelar aksi unjuk rasa dan membagikan telur secara gratis. Aksi digelar sebagai bentuk protes atas anjloknya harga telur.

"Ini bentuk protes kita ke pemerintah atas anjloknya harga telur," ujar Sunoto (45) kepada wartawan di simpang empat pasar baru Magetan Senin (27/9/2021).

dalam aksi yang digelar mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB ini, para peternak telur ayam membagikan 700 bungkus plastik isi telur setengah kilogram dan dibagikan kepada pengguna jalan. Warga sendiri mengaku senang mendapat telur gratis setengah kilogram.

demo peternak ayam petelurFoto: Sugeng Harianto

"Alhamdulillah senang dapat telur gratis," ujar salah satu pengendara motor, Endang.

Dalam aksinya, peternak juga membawa spanduk dan poster bertuliskan 'Stop peredaran telur HE breeding dan selamatkan peternak rakyat, selamatkan peternak rakyat, dan lain sebagainya'.

"Sejak enam bulan terakhir harga telur turun dari Rp 20.000 menjadi Rp 14 ribu per kilogram," ungkap salah satu peternak, Soni.

Soni menambahkan peternak mengeluhkan harga pakan ayam yang naik dua kali lipat dari Rp 8 ribu menjadi Rp 16 ribu per kilogram. 'Harga pakan naik harga telur turun gimana mau untung," pungkas Soni..

Aksi peternak ayam petelur ini dijaga oleh belasan petugas kepolisian yang melakukan pemantauan dan imbauan agar tetap menggunakan masker kepada para peternak.

(iwd/iwd)