Begini Camera Trap Dipasang Pantau Macan Tutul Jawa di TN Meru Betiri

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 23:13 WIB
Pasang 106 Camera Trap, TN Meru Betiri Fokus Identifikasi Populasi Macan Tutul
Foto: Istimewa (Dok TN Meru Betiri)

Tak jarang, pemasangan camera trap ini juga menghadapi kendala medan yang tak mudah. Tim harus menyusuri sungai, mendaki bukit hingga jalan terjal. Mereka juga harus terpaksa memutar balik, jika jalan yang dilalui itu menemukan jurang ataupun tebing yang sulit didaki.

"Kesulitan medan agak berbeda Baluran sama Alas Purwo. Meru Betiri itu memiliki medan berbukit. Pegunungan kecil, naik turun ada tebing, batu menjadi tantangan tersendiri," tambahnya.

Namin lokasi yang sakit itu, menjadi tempat ideal bagi Macan Tutul Jawa menjadi lokasi persembunyian atau tempat tinggal. Karena lokasi yang tidak terbuka seperti padang savana, membuat predator nomer dua setelah punahnya Harimau Jawa ini menjadi tempat berlindung.

"Makanya sangat jarang bisa ditemui kalau di Meru Betiri. Kalau di Alas Purwo dan Baluran kan lebih terbuka," tambahnya.

Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) terletak di pantai selatan Jawa Timur. Masuk dalam dua kabupaten yakni Jember dan ujung timurnya di Banyuwangi. Luasnya mencapai 50.000 hektare. Namanya diambil dari gunung tertinggi yang terdapat di dalamnya Gunung (meru) Betiri setinggi 1.223 M.


(fat/fat)