Terpopuler Sepekan di Jatim

Hubungan Bupati-Wabup Bojonegoro Retak-Ustaz Cabuli 34 Santriwati Berujung Maaf

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 07:36 WIB
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah dan wakilnya Budi Irawanto
Bupati-Wabup Bojonegoro (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Ada beberapa peristiwa di Jatim menyita perhatian publik dalam sepekan. Satu di antaranya Bupati dan Wabup Bojonegoro berseteru, ustaz di Trenggalek cabuli 34 santriwati dan warga Malang melakukan aksi unik dengan membuat pagar rumah berbentuk kolam ikan koi.

Bermula dari Wabup Bojonegoro Budi Imawanto mengadukan Bupat Anna Mu'awanah ke Polres Bojonegoro. Surat pengaduan itu ditandatangani Wawan, panggilan Budi, pada 9 September 2021. Di dalam surat pengaduan itu juga dilampirkan sejumlah alat bukti di antaranya transkrip percakapan di sebuah grup WhatsApp.

Dalam surat pengaduan, Wabup Wawan mengadukan Bupati Anna yang menulis beberapa hal yang dianggapnya telah menuduh serta memberikan informasi kepada publik yang belum pasti kebenarannya.

Baca juga: Wabup Bojonegoro Tegaskan Enggan Berdamai dengan Bupati

"Iya benar, saya buat pengaduan ke polisi. Karena ada percakapan di grup WA yang sudah menyerang secara pribadi, menyangkut harga diri keluarga, anak saya juga dikut-ikutkan. Bahkan ibaratnya saya yang bukan kader partainya dia, disuruh resign. Aku iki diusung PDI Perjuangan kok kowe ngongkon aku mundur teko jabatan wabup (Saya ini diusung PDIP kok kamu menyuruh saya mundur dari jabatan Wabup). Ini berarti sudah menyangkut harga diri partai juga " tutur Wabup Wawan saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (22/9/2021).

Kasat Reskrim Polres Bojonegoro AKP Fran Delanta Kambaren membenarkan adanya pengaduan yang dilakukan Wabup Wawan terhadap Bupati Anna. Ada dua saksi yang dimintai keterangan hari ini di Polres Bojonegoro.

"Hari ini ada dua saksi yang kita undang untuk dimintai keterangan terkait pengaduannya pak Wabup," ujar Kasat Reskrim Bojonegoro AKP Fran Delanta Kambaren kepada detikcom.

Baca juga: Polisi Periksa Dua Saksi Soal Aduan Wabup Bojonegoro Terhadap Bupati Anna

Mantan Bupati Bojonegoro Suyoto berharap konflik atau perseteruan antara Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dengan Wakil Bupati Budi Irawanto bisa diselesaikan dengan baik. Karena kedua pemimpin ini masih harus memikirkan kepentingan yang lebih besar, yakni rakyat.

"Duduklah dan bicaralah dari hati ke hati. Suami istri saja ada perbedaan, apalagi ini pemimpin. Dengan saling sapa, saling menghormati, saya yakin tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan," tutur pria yang akrab disapa Kang Yoto ini kepada detikcom, Kamis (23/9/2021).

Kang Yoto menuturkan kedua pemimpin ini punya tanggung jawab yang besar yakni memimpin masyarakat Bojonegoro di tengah pandemi COVID 19. Mereka, kata Kang Yoto, harus memimpin masyarakat agar survive dan sehat.

Simak juga 'Cerita Pembuat Sumur Bor di Bojonegoro yang Semburkan Air 15 Meter':

[Gambas:Video 20detik]