Round-Up

Cerita Warga Malang Sengaja Bikin Pagar Rumah Berbentuk Kolam Ikan Koi

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 09:00 WIB
Pagar Rumah Warga di Malang Berbentuk Kolam Ikan Koi
Rumah berpagar kolam ikan koi (Foto file: Muhammad Aminudin/detikcom)
Surabaya -

Seorang warga Malang membuat pagar rumah berbentuk kolam ikan koi. Pemilik Farid Prima alias Jeje (35) mengaku aksinya itu dilakukan agar dirinya bisa melihat terus ikan koi miliknya.

Rupanya, kreativitas Jeje menarik perhatian masyarakat dan viral. Masyarakat pun tak segan datang dan melihat-lihat pagar kolam ikan koi kesayangannya di Perum Tirtasari, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Sudah 9 bulan lamanya membuat pagar kolam ikan koi.

Dari pantauan detikcom, rumah Jeje berada di pojok komplek perumahan, menjadikan pagar kolam koi berbentuk hampir setengah lingkaran. Total pagar kolam memiliki panjang 16 meter, dengan tinggi 1,10 meter dan tebal kaca 12 milimeter.

Untuk membuat pagar rumah berbentuk kolam koi, Jeje harus merogoh koceh hampir Rp 50 juta. Setidaknya, 80 ekor koi beragam jenis mengisi pagar kolam tersebut.

"Habis biayanya sampe Rp 50 jutaan," katanya kepada detikcom di rumahnya, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Bikin Pagar Rumah Berbentuk Kolam Ikan Koi, Pemiliknya Ikhlas Jika Kemalingan

Jeje sendiri sudah belasan tahun ini menjadi penghobi ikan koi. Dia banyak memiliki koleksi ikan dengan keunikan banyak digandrungi oleh kalangan masyarakat itu.

"Saya sudah lama, memang hobi koi. Makanya, ketika ingin bongkar pagar, tercetus ide dibuat kolam koi saja," terangnya.

Jeje menceritakan dirinya membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan, untuk membuat dan menyelesaikan pagar ikan koi itu.

"Setelah proses kolam selesai, tinggal siapkan airnya. Karena untuk koi, kondisi air harus benar-benar matur atau siap," bebernya.

Sebelum memiliki ikan koi, Jeje merupaka guru SDN hampir 5 tahun. Kemudian memutuskan berhenti dan bekerja sebagai marketing di Pulau Bali.

Lihat juga video 'Imbas Pandemi, Kolam Renang di Banyuwangi Disulap Jadi Kolam Ikan':

[Gambas:Video 20detik]