Adem Banget, 6 Tempat Ibadah di Surabaya Ini Saling Berdampingan

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 11:06 WIB
6 tempat ibadah berdampingan di surabaya
Enam tempat ibadah di Surabaya yang berdampingan (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Hidup rukun dan saling toleransi umat beragama selalu didambakan dalam kehidupan sosial. Bayangkan, tinggal dalam satu wilayah dengan perbedaan keyakinan, namun tetap harmonis dan saling gotong royong dengan tetangga. Adem banget.

Seperti kerukunan umat beragama di Royal Residence Wiyung, Surabaya yang bisa menjadi contoh toleransi antar umat beragama. Toleransi itu diwujudkan dengan 6 tempat ibadah berbeda yang berdiri saling berdampingan.

Ke-6 tempat ibadah tersebut sesuai dengan agama yang diakui di Indonesia, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Enam rumah ibadah tersebut adalah Masjid Muhajirin, Vihara Budhayana, Kapel Santo Yustinus untuk umat Katolik, Klenteng Ba De Miao. Kemudian Pura Sakti Raden Wijaya, dan GKI Wiyung Royal Residence untuk umat Kristen.

6 tempat ibadah berdampingan di surabaya6 tempat ibadah berdampingan di Surabaya (Foto: Esti Widiyana)

Enam tempat ibadah di perumahan elit ini benar-benar berdampingan dan hanya berjarak sekitar 2 meter satu sama lainnya. Di masing-masing rumah ibadah tidak ada pembatas pagar. Bangunannya menyatu dengan gaya arsitektur masing-masing agama.

Sekretaris 2 Forum Komunikasi Antar Rumah Ibadah (FKRI) Royal Residence Surabaya, Danny Nobret mengatakan warga yang ada di perumahan ini ada di tengah keberagaman. Adanya rumah ibadah yang berdampingan ini justru meningkatkan toleransi.

"Kami sadar bahwa kami hadir di tengah keberagaman, baik suku, ras dan agama. Sehingga kami merasa nggak pa pa juga rumah ibadah dibuat berjajar. Bukan berarti menjadi satu agama, tapi justru menghargai," kata Danny kepada detikcom, Selasa (21/9/2021).

Simak juga 'Peringatan Berdirinya Gong Perdamaian Dunia di Ciamis':

[Gambas:Video 20detik]