Round-Up

Ribut-ribut Pemkab dan Pemkot Malang soal Gowes Wali Kota Sutiaji Saat PPKM

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 09:16 WIB
Surabaya -

Rombongan gowes Wali Kota Malang Sutiaji disorot publik. Gowes yang dilakukan dengan finish pantai di Malang selatan dan masuk ke area tersebut saat PPKM level 3, menyebabkan beberapa pihak angkat bicara.

Pemkot Malang menyebut aksi masuk ke pantai selatan itu diklaim sudah memiliki izin dan berkomunikasi dengan pihak pemkab. Namun Pemkab Malang justru menyebut tidak ada izin masuk wisata air saat PPKM level 3.

Kabag Humas Pemkot Malang, Donny Sandito membantah jika rombongan gowes diikuti Wali Kota Malang, Sutiaji, Sekkota Erik Setianto dan pejabat lain tersebut, memaksa masuk kawasan pantai. Mereka mengklaim telah berkomunikasi terkait lokasi finish gowes.

Kemudian saat melakukan transit akhir di Pantai Kondang Merak terjadi miss komunikasi. Penyebabnya adalah terkendalanya sinyal telpon seluler.

"Bukan memaksa masuk, karena kita sudah dapat izin waktu itu. Hanya, karena signal HP (Handphone) kurang bagus, membuat komunikasi tak lancar," ujar Donny dikonfirmasi saat dikonfirmasi detikcom, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Pemkab Malang Tegaskan Gowes Wali Kota Sutiaji yang Viral Tak Berizin

Rombongan Gowes Pemkot Malang Paksa Masuk Pantai Malang SelatanRombongan Gowes Pemkot Malang Masuk Pantai Malang Selatan/ Foto: Istimewa

Donny mengaku, gowes merupakan kegiatan rutin Wali Kota Malang Sutiaji. Beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki hobi yang sama, terkadang ikut dalam kegiatan itu.

Hari Minggu (19/9), lanjut Donny, gowes memilih rute pesisir Malang Selatan. Rombongan kemudian memilih tempat untuk beristirahat. Sebelum kembali bertolak ke Kota Malang.

Namun jawaban berbeda diungkapkan Bupati Malang, Sanusi. Dia menegaskan, wilayah Kabupaten Malang masih memberlakukan PPKM Level 3. Untuk itu, semua obyek wisata masih ditutup sementara.

"Dan kami tidak pernah memberi izin untuk membuka, sampai saat ini belum pernah di Dinas Pariwisata untuk memberikan izin," tandas Bupati Malang, Sanusi kepada wartawan di pendopo Pemkab Malang Jalan KH Agus Salim.

"Tidak pernah, dengan saya tidak ada. Dan forkopimda tidak pernah mengeluarkan izin wisata itu dibuka. Status Kondang Merak masih tutup sementara. Karena Kabupaten Malang masih PPKM Level 3, semua obyek wisata tutup sementara," sambung Sanusi.