Gowes Wali Kota Malang Sutiaji Diduga Langgar PPKM Dilaporkan ke Polisi

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 19:21 WIB
Rombongan Gowes Pemkot Malang Paksa Masuk Pantai Malang Selatan
Foto: Istimewa
Malang -

Gowes Wali Kota Sutiaji bersama pejabat Pemkot Malang dianggap melanggar PPKM Level 3. Sejumlah elemen masyarakat melaporkan pelanggaran ini ke Polres Malang. Setidaknya, ada 9 orang dilaporkan, termasuk Wali Kota Sutiaji.

Pelaporan elemen masyarakat tergabung dalam Jaringan Aliansi Aktivis Malang Raya (JAASMARA) dilakukan pada Senin (20/9/2021) sore. JAASMARA menilai kegiatan gowes Wali Kota Sutiaji bersama pejabat di lingkungan Pemkot Malang melanggar protokol kesehatan di masa PPKM Level 3.

"Kami melaporkan adanya pelanggaran prokes (protokol kesehatan), yang dilakukan oleh Wali Kota Malang Bapak Sutiaji beserta rombongan," kata juru bicara JAASMARA, A Mevlana kepada wartawan di Mapolres Malang Jalan Ahmad Yani, Kepanjen.

Baca juga: Pemkab Malang Tegaskan Gowes Wali Kota Sutiaji yang Viral Tak Berizin

Menurut Mevlana, laporan adanya dugaan pelanggaran protokol kesehatan oleh Wali Kota Sutiaji bersama rombongan gowes di Pantai Kondang Merak, Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, tidak ada diskriminasi di mata hukum terkait penanganan COVID-19. Siapapun yang melanggar protokol kesehatan pencegahan COVID-19 harus ditindak tegas.

"Kita ingin menyampaikan pesan kepada publik, bahwa dalam konteks COVID-19, tidak ada namanya kebal hukum, diskriminasi hukum. Siapapun yang melanggar prokes berhak untuk ditindaklanjuti," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, JAASMARA juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat di Malang Raya, karena tidak ada komitmen Wali Kota Sutiaji dalam menegakkan protokol kesehatan di masa PPKM Level 3.