Warung Cipto Gaul, Tempat Makan Emperan Toko yang Legendaris di Pacitan

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 09:34 WIB
Warga tengah kota Pacitan begitu akrab dengan Warung Cipto Gaul. Warung di emperan toko ini bahkan bisa dibilang legendaris.
Warung Cipto Gaul/Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan -

Warga tengah kota Pacitan begitu akrab dengan Warung Cipto Gaul. Warung di emperan toko ini bahkan bisa dibilang legendaris.

Wajar saja, selama lebih dari 24 tahun, tempat makan ini jadi andalan warga untuk membeli menu sarapan. "Sudah lama sih. Mulai buka tahun 1993," ucap pemilik warung, Suripti (47) saat berbincang dengan detikcom sembari melayani pembeli, Minggu (19/9/2021) pagi.

Nama Cipto diambil dari sapaan suami Suripti, yaitu Sucipto. Pasangan suami istri itulah yang tiap hari menjajakan aneka menu. Antara lain nasi bungkus dan aneka gorengan. Untuk melayani pembeli, keduanya dibantu seorang karyawan perempuan.

Awal membuka warung, lanjut Ny Cipto, dirinya sengaja membidik segmen pembeli anak sekolah. Apalagi posisi warung tak jauh dari SMPN 3. Ternyata hanya selang beberapa tahun berikutnya, sekolah di Jalan Kiai Umar itu pindah lokasi.

Warga tengah kota Pacitan begitu akrab dengan Warung Cipto Gaul. Warung di emperan toko ini bahkan bisa dibilang legendaris.Warung Cipto Gaul/ Foto: Purwo Sumodiharjo

Alih-alih sepi, pembeli yang datang ke Warung Cipto Gaul makin membludak. Bahkan mereka berasal dari beragam kalangan. Tak hanya pekerja harian atau ibu rumah tangga. Banyak pegawai kantoran yang makan di tempat sembari duduk di teras toko.

"Lumayan murah. Yang jelas makanannya juga enak. pedas," kata Kusmani, seorang pembeli.

Pria asal Tulungagung itu mengaku sudah lama menjadi pelanggan Warung Cipto Gaul. Setidaknya dua hari sekali, pemilik usaha percetakan di Jalan Gatot Subroto itu membeli sarapan di warung tenda itu. Nasi bungkus dan gorengan menjadi menu wajib sebelum dirinya bekerja.

Banyaknya pelanggan yang mengantre membuat warung yang berada di seberang Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) itu selalu ramai tiap pagi. Sejak dibuka pukul 06.30 WIB, puluhan sepeda motor tampak berderet parkir di depan warung. Ada pula beberapa mobil berada di seberang jalan.