Gatut Sunu Terpilih Jadi Wabup Tulungagung, Pemilihan Diwarnai Walk Out Cawabup

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 14:24 WIB
Gatut Sunu Terpilih Wabup Tulungagung, Pemilihan Diwarnai Walk Out Cawabup
Cawabup terpilih Gatut Sunu Wibowo (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)

"NasDem menghormati keputusan paripurna, yang sudah disetujui. Tetapi kami tetap menjaga secara psikis, anak saya, jago saya. Saya ajak pulang demi keselamatan bersama," kata Ahmad Djadi.

Sementara Ketua Pansuslih DPRD Tulungagung Suprapto, menganggap wajar dinamika yang terjadi dalam proses politik pada pemilihan wakil bupati kali ini.

"Saya kira dalam dunia politik memang seperti itu ya. Pada intinya begini, tentang menggunakan hak suara itu adalah hak, digunakan boleh tidak pun boleh. Tentang kerahasiaan juga boleh digunakan boleh tidak," jelas Suprapto.

Ia tidak memungkiri mekanisme mewakilkan pencoblosan secara utuh dari beberapa partai itu, merupakan cara untuk mengamankan suara dukungan.

"Itu boleh sesuai aturan, saya juga tidak tahu itu atas usulan siapa, tapi faktanya seperti itu. Kalau kami di PDIP jelas perintahnya," ujarnya.

Dengan hasil pemilihan ini, DPRD akan segera mengusulkan ke Kemendagri melalui Gubernur Jawa Timur untuk proses penetapan dan pelantikan sebagai Wakil Bupati Tulungagung, mendampingi Bupati Maryoto Birowo.

"Hasilnya nanti akan kami serahkan ke pimpinan DPRD untuk ditindaklanjuti ke Kemendagri melalui Gubernur," jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Tulungagung terpilih Gatut Sunu Wibowo, mengatakan akan berkoordinasi dan siap membantu Bupati Maryoto Birowo dalam menjalankan roda pemerintahan di Tulungagung.

"Saya tidak mengira bisa duduk di sini dan terpilih mendampingi Pak Bupati," katanya.

Sedangkan Bupati Tulungagung Maryoto Birowo berharap dapat meningkatkan akselerasi kinerja pemerintahan. "Ya tentu saja kinerja bisa ditingkatkan. Ini adalah amanat Undang-undang 23 Tahun 2016 tengang Pemerintah Daerah," ujarnya.


(fat/fat)