DPRD Tulungagung Gelar Pemilihan Wakil Bupati Sisa Jabatan 2018-2023

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 10:54 WIB
dprd tulungagung menggelar pemilihan wakil bupati sisa masa jabatan 2018-2023
DPRD Tulungagung akan pilih wabup (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Tulungagung -

DPRD Tulungagung menggelar pemilihan wakil bupati sisa masa jabatan 2018-2023. Setelah bupati sebelumnya terjerat kasus korupsi.

Sekretaris DPRD Tulungagung Sudarmaji, mengatakan proses pemilihan akan dilakukan melalui rapat paripurna dan yang diikuti 50 anggota dewan.

"Sesuai dengan undangan agendanya jam 9.00 WIB. Tapi nanti untuk dimulainya masih menunggu kuorum dulu," kata Sudarmaji, Sabtu (18/9/2021).

Sesuai dengan keputusan Panitia Khusus Pemilihan (Pansuslih) DPRD Tulungagung, terdapar dua kandidat yang menjadi calon Wakil Bupati Tulungagung, yakni Gatut Sunu Wibowo yang direkomendasikan PDIP dan Panhis Yody Wirawan yang direkomendasikan Partai NasDem.

Kedua kandidat akan bertarung memperebutkan suara 50 anggota dewan. Wakil bupati terpilih akan mendampingi Bupati Tulungagung saat ini Maryoto Birowo hingga 2023.

"Seperti kita ketahui bersama nomor urut satu Pak Gatut dan nomor urut dua Pak Panhis," kata Ketua Pansuslih DPRD Tulungagung Suprapto, Sabtu pekan lalu.

Menurutnya proses pelaksanaan pemilihan calon wakil bupati akan dilangsungkan di Graha Wicaksana DPRD Tulungagung.

Pemilihan Wakil Bupati Tulungagung sisa masa jabatan 2018-2021 ini merupakan dampak dari KPK OTT Bupati Tulungagung pada awal Juni 2018. Hasilnya Calon Bupati Syahri Mulyo ditetapkan sebagai tersangka korupsi bersama pejabat Tulungagung lainnya.

Meski telah ditahan KPK, pasangan Syahri Mulyo-Maryoto Birowo yang diusung PDIP dan Partai NasDem menang dalam proses pemilihan bupati dan wakil bupati. Syahri sempat dilantik sesaat menjadi bupati, namun kemudian langsung digantikan wakilnya Maryoto Birowo.

Pengisian kekosongan wakil bupati itulah yang saat ini diprosss DPRD Tulungagung.

(fat/fat)