Terpopuler Sepekan di Jatim

Momen Suroto Bertemu Jokowi hingga soal Sekolah Jadi Sarang Kobra

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 07:28 WIB
Suroto, Peternak Ayam yang bawa poster lalu diamankan polisi diundang Jokowi ke Istana
Suroto dan Jokowi (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Surabaya -

Dalam sepekan di Jatim ada beberapa peristiwa dan kejadian menyedot publik. Salah satunya aksi nekat seorang peternak Blitar membentangkan poster hingga akhirnya diundang ke istana kepresidenan. Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih atas aspirasi yang disampaikannya.

Bermula saat Jokowi kunker di Bliar, Selasa (7/9/2021), Suroto diamankan saat membentangkan poster bertuliskan 'Pak Jokowi bantu peternak beli jagung dengan harga wajar'. Pria tersebut membentangkan poster sambil berdiri di pinggir jalan saat mobil Jokowi melaju. Saat itu mobil Jokowi bergerak menuju Makam Bung Karno (MBK). Suroto tampak dibawa masuk ke mobil polisi.

Beberapa hari kemudian, Presiden Jokowi mengundang Suroto ke Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (15/9). Suroto tak menyangka bakal diundang langsung bertemu Jokowi. Dia menuturkan sebelumnya telah melakukan berbagai upaya untuk memberitahukan kondisi yang dialaminya.

Suroto menegaskan tindakannya membentangkan poster murni hanya untuk menyampaikan aspirasi peternak.

"Karena saya percaya satu-satunya orang di Indonesia yang saat ini bisa nolong peternak ya hanya Pak Jokowi, itu saja. Ndak ada tendensi politik apa-apa, murni sebagai peternak," ujar Suroto.

"Karena saya percaya satu-satunya orang di Indonesia yang saat ini bisa nolong peternak ya hanya Pak Jokowi, itu saja. Ndak ada tendensi politik apa-apa, murni sebagai peternak," ujar Suroto.

Dia juga mengaku meminta maaf kepada Jokowi serta menjelaskan isi dan maksud poster tersebut kepada Jokowi. Suroto mengatakan Jokowi justru berterima kasih atas aksinya membentangkan poster.

"Kalau ndak ada kamu yang membentangkan poster, saya nggak akan tahu kondisinya di bawah, karena laporan anak buahnya itu nggak nyampe di atas," tuturnya.

Presiden Jokowi lalu menginstruksikan Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Mendag Muhammad Lutfi segera memberikan solusi kepada peternak ayam di Blitar. Mereka mengaku siap memecahkan persoalan para peternak mandiri yang mengalami kesulitan pakan akibat pandemi. Salah satunya mendekatkan distribusi pakan ternak khusus jagung dari sejumlah sentra di wilayah produksi lain.

"Sesuai petunjuk Bapak Presiden, kita akan melakukan langkah cepat pada minggu ini agar kebutuhan jagung khususnya di tiga tempat yang bersoal, yakni Klaten Blitar dan Lampung bisa tertangani dengan harga yang sangat normatif. Kalau perlu menggunakan subsidi-subsidi tertentu," kata Syahrul dalam keterangannya.

Tonton juga Video: Evakuasi Kobra di Probolinggo Berlangsung Dramatis, Tembok Dibongkar!

[Gambas:Video 20detik]