Puluhan Anak dari Korban COVID-19 di Jombang Jadi Asuhan Polisi

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 20:39 WIB
Polisi Jombang menggelar vaksinasi terhadap 100 remaja yang orang tuanya menjadi korban COVID-19. Tidak hanya itu, polisi juga mengangkat sebagian anak tersebut sebagai anak asuh.
Vaksinasi COVID-19 di Jombang/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
Jombang -

Polisi Jombang menggelar vaksinasi terhadap 100 remaja yang orang tuanya menjadi korban COVID-19. Tidak hanya itu, polisi juga mengangkat sebagian anak tersebut sebagai anak asuh.

Vaksinasi COVID-19 yang digelar di Klenteng Hok Liong Kiong, Jalan RE Martadinata, Desa Kepatihan, Jombang ini untuk memperingati HUT Lalu Lintas ke-66. Kali ini, Polres Jombang menyasar 100 remaja usia 12 tahun ke atas yang orang tuanya meninggal dunia akibat virus Corona.

"Kami lakukan vaksinasi terhadap anak-anak yang orang tuanya menjadi korban COVID-19, juga kami berikan bantuan sembako dan peralatan untuk menjaga prokes bagi anak-anak ini," kata Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho kepada wartawan di lokasi, Jumat (17/9/2021).

Tidak hanya itu, Polres Jombang juga melaksanakan program anak asuh untuk 30 anak dan remaja yang orang tuanya meninggal akibat COVID-19. Usia mereka mulai dari 2 bulan sampai 19 tahun. Ada yang statusnya yatim, piatu, ada pula yatim piatu.

"Kami laksanakan program anak asuh, melakukan pembinaan walaupun mereka tinggal dengan keluarganya, kami pantau, apa saja yang kurang kami bantu," terang Agung.

Sedikitnya 27 perwira dan anggota Satlantas Polres Jombang ditunjuk menjadi orang tua asuh 30 anak korban COVID-19. Salah satunya Kasat Lantas AKP Rudi Purwanto.

Menurut Rudi, program anak asuh ini berupa pendampingan terhadap anak-anak korban COVID-19 yang meliputi 3 aspek. Yaitu pendidikan, kesehatan dan psikologi.

"Kami harus sambang ke anak asuh kami untuk membantu alat tulis, seragam sekolah, atau internet kalau untuk sekolah daring," pungkasnya.

(sun/bdh)