7 Ribu Anak Yatim Piatu di Jatim Dapat Orang Tua Asuh, dari Sidoarjo Ada 99

Suparno, Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 20:01 WIB
Polisi Sidoarjo akan mengasuh 99 anak yatim piatu. Mereka menjadi yatim, piatu atau yatim piatu setelah orang tuanya meninggal terpapar COVID-19.
Acara pengangkatan anak asuh di Sidoarjo/Foto: Suparno
Sidoarjo-Surabaya -

Polisi Sidoarjo akan mengasuh 99 anak yatim piatu. Mereka menjadi yatim, piatu atau yatim piatu setelah orang tuanya meninggal terpapar COVID-19.

"Kini yang harus dilakukan adalah saling menguatkan. Anak-anak yang ditinggal orang tua tersebut tidak sendiri. Sejumlah 99 anak yatim piatu di Kabupaten Sidoarjo yang orang tuanya meninggal akibat COVID-19," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro usia acara pengangkatan anak asuh di Sidoarjo, Jumat (17/9/2021).

Ia mengatakan, oleh petugas Satlantas Polresta Sidoarjo, anak-anak tersebut diangkat sebagai anak asuh. Ini dalam rangka Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-66 tahun 2021. Juga digelar serentak oleh Polres jajaran Polda Jawa Timur.

"Anak-anak yang orang tuanya meninggal dunia karena COVID-19, mendapatkan pendampingan, bantuan materi dan pendidikan dari anggota Satuan Lalu Lintas di seluruh wilayah Polda Jatim," kata Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta melalui zoom.

"Bahwa mereka tidak sendiri, ada kami yang siap jadi pendamping, pengayom dan pelindung bagi adik-adik yatim piatu," tambahnya.

Sebanyak 7.044 anak yatim, piatu dan yatim piatu akibat ditinggal orang tua meninggal karena COVID-19 di Jatim, kini mendapat orang tua asuh. Ini merupakan sebuah harapan baru agar anak-anak bisa melanjutkan pendidikan dan kehidupan yang lebih baik.

Program pengangkatan orang tua asuh ini diinisiasi Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim. Hal ini seiring dengan peringatan HUT ke-66 lalu lintas. Kegiatan ini bertajuk satu polantas satu anak yatim piatu.

Wakapolda Jatim Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo mengatakan, hal ini dilakukan Ditlantas Polda Jatim karena melihat banyak anak yang ditinggal orang tuanya karena COVID-19.

Selain itu, di hari ini ada vaksinasi pada 2.003 anak yatim piatu korban COVID-19 yang secara serentak di 39 Polres jajaran Polda Jatim. Ada pula donor darah, bhakti sosial, trauma healing, hingga mengenalkan Polisi Sahabat Anak (Polsanak).

"Tentunya program yang dilaksanakan hari ini adalah untuk menjawab betapa dahsyatnya dampak dari COVID-19 ini, baik dampak sosial, ekonomi, maupun dampak kesehatan," kata Slamet di Tugu Pahlawan Surabaya.