285 Tempat Usaha Pariwisata di Jatim Kantongi PeduliLindungi

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 14:47 WIB
Poster
Illustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Sebanyak 285 usaha bidang pariwisata di Jatim telah mengantongi QR Code PeduliLindungi. Selain itu, di Jatim ada empat tempat wisata yang dilengkapi QR Code.

Dari 285 usaha bidang pariwisata ini, rinciannya ada 40 hotel, 203 restoran, dan 42 cafe. Sedangkan untuk empat daya tarik wisata Jatim yang dilengkapi QR Code PeduliLindungi, yakni Taman Rekreasi Selecta dan Jatim Park 2 di Kota Batu, Hawaii Group di Kota Malang dan Maharani Zoo Goa di Lamongan.

Hal ini berdasarkan SE bersama Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendagri dan Deputi Bidang Industri & InvestasiKemenparekraf/Baparekraf RI No 10 Tahun 2021 No SE/1 IL.04.00/DII/2021 tentang Panduan Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi Pada Uji Coba Pembukaan Usaha Pariwisata Restoran, Rumah Makan, dan Kafe.

Tak hanya itu, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), tempat wisata yang boleh buka yakni berada di status PPKM level 2 dan 3.

Kendati demikian, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim, Sinarto mengatakan meski turun level, tempat wisata tak bisa serta merta dibuka.

Sinarto menambahkan ada sejumlah hal yang harus dipenuhi. Misalnya kesiapan tempat wisata tersebut dalam menerapkan protokol kesehatan, agar masyarakat tetap aman saat berwisata.

Simak juga video 'Berwisata di Pinus Sari Pakai PeduliLindungi, Sinyal Jadi Kendala':

[Gambas:Video 20detik]