Komplotan Penipu Jual Beli Bahan Bangunan Diringkus, Tipu Korban Rp 300 Juta

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 22:27 WIB
penipuan jual beli bahan bangunan
Komplotan penipu ini mengeruk Rp 300 juta dari korban (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Polisi mengamankan komplotan penipuan jual beli bahan bangunan yang beraksi lewat media sosial. Bermodal bukti transfer palsu, komplotan ini berhasil mengeruk uang ratusan juta dari korban-korbannya.

Komplotan penipu terdiri dari lima orang. Yakni DS (23), RE (25) dan JJ, warga Magetan; kemudian DY (29) warga Yogyakarta, BI (32) warga Bojonegoro, dan NS (36) warga Pasuruan.

Mereka memiliki peran masing-masing. Ada yang menyiapkan rekening, mengedit struk pembayaran palsu, melakukan order barang hingga otak penipuan.

"Modusnya mereka menawarkan barang berupa bahan bangunan melalui market place di Facebook. Begitu ada pembeli mereka order barang ke toko bangunan. Setelah ada kesepakatan harga, mereka kemudian mengirimkan bukti transfer pembayaran ke korban melalui WhatsApp," kata Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Adhi Putranto Utomo, Senin (13/9/2021).

Bukti transfer pembayaran itu palsu. Namun para korban percaya sehingga mau mengirimkan barang yang dipesan ke alamat yang diberikan pelaku.

"Jumlah korbannya mencapai 50 orang. Salah satunya yang melapor Agus Wahyudi, pemilik toko bangunan Kelurahan Lemahbang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan," terang Adhi.

Korban Agus Wahyudi sendiri mengaku sudah 9 kali ditipu. Ia mengalami kerugian hingga Rp 300 juta.

"Para tersangka ini beraksi memakai akun Facebook "DISTRIBUTOR BESI MOJOKERTO". Kami mengimbau masyarakat yang merasa tertipu segera melapor ke Polres Pasuruan," pungkas Adhi.

Lihat juga video '10 Orang Ditangkap Kasus Penipuan SMS Atas Namakan Baim Wong':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)