Sejumlah DPC Blak-blakan Dukung Menantu Pakdhe Karwo Jadi Ketua DPD PD Jatim

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 17:04 WIB
Musda Demokrat Jatim, Sejumlah DPC Dukung Menantu Pakdhe Karwo
Musda Demokrat Jatim (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Sejumlah DPC Partai Demokrat (PD) di kawasan Madura Raya mendukung Bayu Airlangga sebagai Ketua DPD Demokrat Jawa Timur periode 2021-2026. Sosok Bayu Airlangga disebut lebih berkomitmen kepada partai, daripada figur lainnya.

Ketua DPC Demokrat Bangkalan Abdurrachman menyatakan, pihaknya mendukung Bayu Airlangga. Dia menyebut, Bayu merupakan tokoh yang pas memimpin Demokrat Jatim 5 tahun ke depan.

"Karena mas Bayu sudah turun, berkomunikasi dengan kita semua. Total, sudah ada 32 DPC yang menandatangani dukungan kepada mas Bayu," kata Abdurrachman saat dikonfirmasi detikcom, Senin (13/9/2021).

Abdurrachman menyebut, Bayu lebih berkomitmen kepada partai, daripada figur lainnya. Sementara terkait kepemimpinan Emil Dardak, dirinya menyebut jarang ada komunikasi terkait suksesi partai ke depan.

"Kalau Mas Emil selama jadi plt, tidak pernah komunikasi dalam hal suksesi partai. Saya memang pernah komunikasi beliau, tapi terkait penanganan COVID-19, saat di Bangkalan kasusnya sedang naik," ujarnya.

Senada dengan Ketua DPC Sampang Abdus Salam juga mengaku mendukung menantu Mantan Gubernur Jatim Pakdhe Karwo yakni Bayu Airlangga. Menurutnya, Bayu punya sikap yang peduli dengan partai.

"Beliau sering terjun ke bawah dan memang benar ada 32 DPC yang sudah menyatakan mendukung Mas Bayu," ujarnya.

Sementara Plt Ketua Demokrat Sumenep Akhmad Suhaimi juga menyatakan mendukung Bayu. Menurutnya, Bayu sudah berkomitmen membangun Demokrat Jatim dari tingkat paling bawah.

"Karena komitmennya Mas Bayu. Beliau juga terus turun dan berkomunikasi khususnya dengan DPC di Madura," katanya.

Klaim dukungan 32 DPC, dibantah Ketua DPC Demokrat Trenggalek Mugianto. Ia menyebut, belum ada praktik dukung-mendukung salah satu calon hari ini.