Percepat Vaksinasi di Daerah, Ibas Salurkan Ribuan Dosis Vaksin

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Sabtu, 04 Sep 2021 20:24 WIB
ibas salurkan vaksinasi ke dapilnya
Vaksinasi di Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan -

Pandemi COVID-19 banyak merenggut korban jiwa. Dapil VII Jatim sendiri termasuk kawasan dengan angka penderita tinggi. Pun begitu percepatan vaksinasi di wilayah ini terbilang lambat.

Hal itu terungkap saat anggota DPR-RI dari Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono menyalurkan bantuan kawalan berupa vitamin beberapa hari lalu. Kala itu, aspirasi datang dari warga yang menginginkan percepatan vaksinasi.

Mendengar masukan masyarakat, legislator yang juga menjabat Ketua Fraksi Demokrat DPR RI tersebut menyalurkan vaksin sebanyak 5.000 dosis. Jumlah sebanyak itu didistribusikan di daerah pemilihannya. Kegiatan dilaksanakan bersama dengan Kementerian Kesehatan.

"Sedikit berita baiknya adalah angka penyebaran COVID-19 pun juga sudah lebih dapat dikendalikan. Matur nuwun para dokter, nakes, dan pemda setempat serta TNI-Polri," kata Ibas, sapaan Edie Baskoro Yudhoyono saat sambutan singkat pada acara penyaluran secara virtual, Sabtu (4/9/2021).

Di sisi lain, lanjut Ibas, kabar duka yang terjadi di konstituen Dapil VII membuatnya turut berbelasungkawa. Meski begitu semua pihak diimbau terus optimis seiring kondisi yang kian membaik. Hal itu juga mesti dibarengi kewaspadaan agar masyarakat tidak lengah.

ibas salurkan vaksinasi ke dapilnyaFoto: Purwo Sumodiharjo

"Alhamdulillah, kondisi saat ini di kabupaten kita sudah berangsur membaik. Rumah sakit sudah tidak lagi penuh sesak seperti beberapa bulan terdahulu. Kebutuhan oksigen dan obat pun sedikit mulai menurun," paparnya.

"Ini sebuah awal baru untuk kita semua tetapi kita harus tetap waspada," tegas Ibas.

Dijelaskan Ibas, bantuan percepatan vaksinasi akan dilakukan dua tahap. Adapun sasarannya meliputi Kabupaten Ngawi, Ponorogo, Magetan, Trenggalek, dan Pacitan.

Ibas juga menggarisbawahi pentingnya vaksinasi bagi masyarakat. Salah satunya untuk menciptakan herd imunity. Di pihak lain bagi warga yang sudah divaksin tetap mengedepankan pola hidup sehat dan patuh protokol kesehatan.