Pemkab Malang Ajukan 6 Destinasi Wisata Uji Coba Saat PPKM Level 3

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 10:52 WIB
wisata di malang
Wisata Desa Pujon Kidul (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang -

Pemkab Malang mengajukan beberapa destinasi wisata untuk ujicoba di masa PPKM Level 3. Harapannya, pengajuan ini bisa dikabulkan oleh pemerintah pusat.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Dr Made Arya Wedhantara mengatakan ada enam destinasi wisata yang diajukan untuk bisa melakukan uji coba di masa PPKM Level 3.

Enam destinasi wisata tersebut adalah Lembah Indah, Santera, Desa Wisata Pujon Kidul, Pantai Balekambang, Coban Rondo, dan Kebun Teh Wonosari.

"Ada enam destinasi wisata yang kita ajukan untuk bisa uji coba. Semoga bisa dikabulkan, harapannya, bisa menggerakan ekonomi masyarakat," ujar Made kepada detikcom, Senin (13/9/2021).

wisata di malangBalekambang (Foto: Muhammad Aminudin)

Made mengaku pihaknya berupaya meyakinkan pemerintah seiring dengan pengajuan enam destinasi wisata tersebut. Dengan secara penuh memenuhi kelengkapan sesuai Instruksi Mendagri.

Seperti penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk obyek wisata. Selain, pelaku wisata sudah menjalani vaksinasi dan adanya rekomendasi Satgas COVID-19.

"Kita berupaya meyakinkan pemerintah untuk bisa membuka beberapa destinasi wisata. Dengan memenuhi kelengkapan sesuai InMendagri," tegas Made.

PD Jasa Yasa selaku pengelola destinasi pantai Balekambang, Ngliyep, dan Regent memastikan pengetatan protokol kesehatan jika menerima rekomendasi buka di masa PPKM Level 3.

"Ini yang kita tunggu sejak lama, karena yang paling terdampak di sini adalah sektor wisata, baik yang dikelola BUMDes, swasta, maupun daerah. Jika masih tidak diizinkan buka, kami bisa bangkrut," ujar Direktur Administrasi PD Jasa Yasa, Husnul Hakim terpisah.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merekomendasi 20 obyek wisata di Pulau Jawa untuk buka di masa PPKM Level 3. Untuk Malang Raya sebenarnya ada tiga yang direkomendasi yakni Ecogreen-Jatim Park 2, Selecta, dan Hawai Waterpark.

(iwd/iwd)