Dapat Rekomendasi Kemenpar, Jatim Park 2 Uji Coba Pembukaan Wisata

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 22:31 WIB
Jatim Park (JTP) 2 atau Batu Secret Zoo mulai trial opening hari ini. Pembukaan perdana di masa pandemi berlangsung sampai pukul 16.30 WIB.
Jatim Park (JTP) 2 atau Batu Secret Zoo/Foto: Muhammad Aminudin/detikcom
Batu -

Jatim Park (JTP) 2 atau Batu Secret Zoo mulai trial opening hari ini. Pembukaan perdana Jatim Park 2 di masa pandemi berlangsung sampai pukul 16.30 WIB.

Pantauan detikcom, hari pertama uji coba tak begitu ramai wisatawan. Aplikasi PeduliLindungi menjadi syarat bagi pengunjung untuk masuk JTP 2.

General Manager Batu Secret Zoo, Agus Mulyanto mengatakan, uji coba dilakukan setelah JTP 2 mendapatkan rekomendasi dari pemerintah untuk bisa beroperasi masa PPKM Level 3.

"Hari ini kita mulai trial opening. Setelah ditunjuk pemerintah dari salah satu obyek wisata yang direkomendasikan untuk buka," kata Agus kepada wartawan di Batu Secret Zoo, Jalan Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Sabtu (11/9/2021).

Agus mengungkapkan, beberapa persyaratan sesuai regulasi diterapkan JTP 2 bagi pengunjung selama trial opening. "Seperti batasan usia di atas 12 tahun, dan lansia di atas 70 tahun tidak diperbolehkan masuk," ungkapnya.

Syarat lain, lanjut Agus, menunjukkan bukti telah menjalani vaksinasi, minimal dosis pertama. Untuk memastikan wisatawan sudah vaksin, JTP 2 memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi.

"PeduliLindungi menjadi syarat bagi wisatawan untuk berkunjung ke sini. Kita juga menyiapkan QR Code untuk melakukan pengecekan," sambung Agus.

Sesuai regulasi pencegahan COVID-19, jumlah pengunjung ikut dibatasi. Hanya sebanyak 25 persen dari kapasitas obyek wisata.