Cerita Warga Gagal Wisata Bersama Keluarga Gegara Batasan Usia

Muhammad Aminudin - detikNews
Minggu, 12 Sep 2021 18:51 WIB
Malang -

Batas usia masuk obyek wisata berdampak kepada anak-anak. Banyak orang tua kemudian membatalkan untuk berwisata.

Seperti yang diceritaka Hendra (40), pengunjung wisata asal Malang. Hendra kecewa dengan adanya pembatasan usia karena kedua anaknya tidak dapat ikut masuk ke Jatim Park 2.

"Kita harus mengikuti ketentuan yang ada, tapi cukup kecewa juga, karena kurang sosialisasi," keluh bapak dua anak ini kepada detikcom, Minggu (12/9/2021).

Hendra berharap pemerintah bisa memberikan informasi lebih luas terkait kelonggaran obyek wisata di masa PPKM. Sehingga kebijakan yang dikeluarkan dapat diketahui secara merata oleh masyarakat.

jatim park 2Jatim Park 2 (Foto: Muhammad Aminudin)

"Seandainya ada informasi lebih luas dan merata, tentu akan lebih bagus lagi," harap pria berkaca mata itu.

Hendra datang ke Jatim Park 2 bersama istri dan dua anaknya ini lebih memilih kembali pulang dan membatalkan berwisata.

Memang hanya usia di atas 12 tahun sampai 70 tahun, yang diperbolehkan masuk obyek wisata. Karena pengelola obyek wisata menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk. Aplikasi PeduliLindungi sendiri bisa didaftarkan setelah melakukan vaksinasi. Padahal anak di bawah 12 tahun belum bisa dilakukan vaksinasi.

Jawa Timur Park 2 atau Batu Secret Zoo punya strategi lain, agar anak-anak bisa tetap terhibur di saat orang tua mereka berwisata.

"Banyak tamu-tamu membawa anak kecil tidak bisa masuk. Karena batasan usia untuk masuk obyek wisata," kata General Manager Jatim Park 2, Agus Mulyanto.

"Sementara kita pikirkan bagaimana solusinya, dengan kita siapkan mini playground. Sementara orang tuanya masuk, anak bisa bersama pembantu atau saudaranya menunggu di situ," sambung Agus.

Kebijakan batasan usia keluar bersamaan rekomendasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk uji coba pembukaan 20 obyek wisata di Pulau Jawa.

Tiga diantaranya berada di wilayah Malang Raya yaitu Jatim Park 2-Eco Green Park, Selecta serta Hawai Waterpark.

(iwd/iwd)