Panglima TNI dan Kapolri Luncurkan Gerakan Mobil Masker untuk Malang Raya

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 21:22 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Forkopimda Jatim meluncurkan gerakan mobil masker di Malang. Mobil masker itu untuk Malang Raya.
Peluncuran gerakan mobil masker untuk Malang Raya/Foto: Muhammad Aminudin/detikcom
Malang -

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Forkopimda Jatim meluncurkan gerakan mobil masker di Malang. Mobil masker itu untuk Malang Raya.

Peluncuran 36 unit mobil masker turut dihadiri Kepala BNBP Ganip Warsito. Peluncuran berlangsung di halaman Pendopo Pemkab Malang, Jalan KH Agus Salim, Kota Malang, Sabtu (11/9/2021).

Setiap kabupaten dan kota di Malang Raya akan mendapatkan bantuan sebanyak 500 ribu masker. Kemudian akan didistribusikan di pusat-pusat aktivitas masyarakat.

Sementara itu, 36 unit mobil masker terdiri dari 20 unit mobil dari Kabupaten Malang, 10 unit mobil dari Kota Malang dan 6 unit mobil dari Kota Batu.

Operasional mobil juga disertai relawan yang bertugas membagikan masker kepada masyarakat. "Tujuan dari gerakan ini adalah untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, melakukan edukasi, dan melaksanakan mitigasi dalam penegakan disiplin protokol kesehatan COVID-19," ungkap Kapolri di sela peluncuran mobil masker.

Ia juga mengungkapkan, dukungan ini dapat membantu pemerintah daerah dalam menguatkan dan mengendalikan penyebaran COVID-19 di Malang Raya. "Penggunaan masker adalah menjadi proteksi diri yang paling mudah dilakukan. Tetapi dibutuhkan kesadaran, pemahaman dan ketaatan," ungkapnya.

"Peran serta media sangat dibutuhkan untuk membantu mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya penggunaan masker ini," imbuh Kapolri.

Pihaknya berharap, gerakan mobil masker dapat bermanfaat, sekaligus menjaga dan mengembalikan Malang Raya menjadi masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Sementara Panglima TNI mengatakan, ketaatan masyarakat pada protokol kesehatan memang harus tetap dijaga. "Melalui gerakan ini, akan menyasar seluruh ruang publik di wilayah Malang Raya. Selamat pada kita semua, mudah-mudahan upaya yang kita lakukan hari ini akan mempercepat Malang Raya untuk bisa lepas dari pandemi COVID-19," pungkasnya.

(sun/bdh)